November 11, 2012

Memilih Memory Untuk Upgrade Komputer

Memory Computer

Memory merupakan salah satu perangkat komputer / hardware terpenting pada Desktop Komputer. Gambaran secara umum memory berfungsi sebagai akses dan mampu menyimpan data sementara. Memory pada komputer dimilai dari SDR (Singgle Data) dan DDR (Double Data)

Kita sering memiliki permasalahan mengenai penurunan kerja komputer, hal ini bisa dilakukan dengan meng upgrade sebagaian hardware. Rata-rata baik motherboard untuk pentium D dan Celerom M sudah support menggunakan DDR 2 dengan double slot memory. Ini memungkinkan kita untuk meng upgrade sebagain memory yang terpasang pada papan motherboard.

Pada saat kita mau mengupgrade memory, kita harus memperhatikan jenis motherboard  yang kita pakai. Hal ini karena tidak semua memory support pada motherboard yang kita pakai. Pada papan motherboard biasanya ada tanda bertuliskan support Memory,ini menunjukan support memory yang akan dipasang.

Selain Support memory, Hal lain yang tidak kalah penting adalah merk/logo yang memberikan jaminan garansi lifetime (garansi seumur hidup). Kebanyakan memory yang telah direkomendasikan oleh pengguna berpengalaman seperti Visipro, Kingstone, Venom, Corsair, A-data. Garansi yang diberikan oleh masing2 merk ini telah terekomendasi dari berbagai pengguna.

JIka mengalami kerusakan pada memory yang bukan merupakan kerusakan Human Error, makan akan diberikan garansi dengan mereplace memori yang rusak dengan yang baru (ditukar dengan memory baru). Replace Memory bersifat selamanya selagi pemegang merk/ logo masih mengeluarkan memory yang kita replace.

Disamping Lifetime Warranty (garansi seumur hidup), hal lain yang perlu diperhatikan  adalah spesifikasi memori yang akakn kita beli. Jika sebelumnya kita menggunakan memory jenis DDR 2 1GB PC 6400, maka  sebaiknya kita membeli memori dengan spesifikasi yang sama meskipun berbeda merk. hal ini dimaksudkan agar system membaca memory lebih cepat dan eksekusi data juga lebih cepat.

Kita bisa mengambil contoh, Jika kita mau mengupgrade memory dengan spesifikasi 1GB DDR 2 PC 5300, dengan meng upgrade memory menjadi 2GB dengan menambahkan memory 1GB DDR 2 PC 6400. Meskipun pada system memory terbaca 2GB, namun system akan membaca PC yang lebih rendah yaitu PC 5300.

November 6, 2012

Bagaimana Mempercepat Kinerja Komputer?

Ada banyak cara untuk mengatasi komputer yang lambat atau lelet. Mungkin ada baiknya kita melakukan diagnosa atau pengecekan pada komputer sebelum mengetahui penyebab lambatnya komputer. Jika lambatnya komputer tidak disebebkan faktor hardware,  Banyak kemungkinan lambatnya komputer disebabkan karena faktor perangkat lunak yang terinstal pada komputer maupun laptop

Pada komputer standar, tentu kita lebih memilih aplikasi apa saja yang akan kita instal pada komputer agar tidak membebani komputer pada saat Running. Pengaruh dari memilih aplikasi yang terinstal pada komputer akan menyebabkan komputer maupun laptop mengalami penurunan kerja atau komputer jadi melambat. Hal ini disebabkan karena aplikasi yang besar akan memakan space memori lebih besar dari aplikasi yang standar.

Hal yang perlu diperhatikan pada komputer standard
1. Jenis Windows yang digunakan
2. Aplikasi yang terinstal pada komputer, Gunakan aplikasi secukupnya agar komputer bisa bekerja secara maksimal.
3. Firus, Saat ini firus/ Malware merupakan faktor utama yang menyebabkan kerja sistem operasi menjadi lambat. Firus/ Malware tidak hanya menyebabkan Windos trouble, namun aplikasi-aplikasi yang terinstal  pada komputer tidak bisa berfungsi secara normal. Jika aterjadi hal seperti ini, cara yang paling tepat dengan cara instal ulang komputer.

Cara Pertama
Jika Hardware Komputer  da n Sistem Operasi masih normal, namun kerja komputer lambat, Mungkin ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat komputer standard
1. Nyalakan komputer
2. Jika menggunakan Windows XP, Klik Star - My computer -  Advance -   Pilih setting - Pilih Adjust best performance, Kemudian pilih OK.  akan tampak gambar dibawah ini


Panel Performance Option
Pada gambar diatas merupakan seting performance pada jenis windows XP maupun Windows 7. Anda bisa menseting secara manual fitur apa saja yang akan diaktifkan melalui panel performance options.  Cara ini merupakan cara yang sederhana dan umum biasa dilakukan tanpa menyebabkan efek trouble pada komputer.