December 31, 2012

Adu Cepat "Booting" Windows 8 dan Windows 7



Apakah Anda pengguna Windows 8? Apa Anda sebelumnya pengguna Windows 7? bagaimana rasanya setelah menggunakan windows 8, apa lebih cepat? Jawabanya adalah "IYA". Windows 8 memang lebih cepat pada saat star Windows jika dibandingkan dengan Windows 7. Mengapa demikian? Saya juga tidak punya jawaban pasti, namun saya bisa menerka atau menerawang.. hehe..

Dalam hal ini saya hanya menggunakan analogina sederhana. Analogika saya comparasi pada sebuah web "SEO IMAGE". Web yang cepat biasanya dipengaruhi oleh faktor internal dan external. Faktor External diibaratkan Server Hosting sedang faktor Internal diibaratkan Scrip, yang dalam hal ini Windows 8 tersebut.

Windows 8 memang dibilang cepat pada saat booting, hal ini dikarenakan menerapkan sistem, kalau dalam bahasa Web disebut "SEO". Coba kita amati pada windows 8, Image atau codding yang digunakan pada saat booting sangat minim. Dengan kapasitas image yang berukuran kecil, hal ini menjadikan Windows 8 menjadi super cepat pada saat Booting.

Namun meskipun cepat, faktor yang tidak kalah penting adalah faktor hardware yang digunakan.

Menghilangkan Tanda Panah Icon Short Cut Windows 7 Manual

Tanda panah short cut windows 7
Ada banyak cara sebenarnya untuk menghilangkan tanda panah Short Cut icon, baik menggunakan software maupun manual tanpa aplikasi atau software. Cara yang paling mudah adalah cara menual dan bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa terkecuali dengan catatan mengikuti petunjuk yang tepat.

Gambar diatas merupakan tanda panah short cut icon yang sering kita jumpai pada layar windows 7 ketika kita menampilkan icon tersebut. Tanda panah tersebut memang tidak berpengaruh pada kerja komputer pada saat menjalankan program. Namu kebanyakan dari kita ada yang merasa pemandaganya sedikit terganggu. Untuk menghilangkan tanda tersebut kita harus masuk pada menu Registry Editor. Berikut adalah cara yang paling sederhana untuk menghilangkan tanda panah pada short cut icon windows 7.
  1.  Klik star - Run 
  2. pada kolom Run, ketik "CMD" (tanpa tanda petik) kemudian Enter
  3. akan muncul layar hitam, kemudian tulis "REGEDIT" (tanpa tanda ketik)
  4. kemudiak pilih YES untuk masuk pada System Registry Editor
  5. Pilih HKEY_CLASSES_ROOT kemidian klik
  6.  akan muncul seperti gambar dibawah ini.  Selanjutnya cari Inkfile - IsShortcut - klik kanan - pilih delete. kemudian close registry editor
System Registry Editor





















7. Selanjutnya buka Windows Task manager dengan menekan keyboard Ctrl+Alt+Del secara bersamaan, kemudian pilih start task manager

Task Manager Windows 7


8. (Gambar diatas) Pada Task Manager Pilih Process - pilih Explorer.exe - End Process - kemudian Close (pada langkah kedelapan ini layar monitor akan nampak Blank tanpa menu windows, namun ini hanya sementara)
9. Kemudian langkah terakhir buka Task Manager lagi dengan menekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan, kemudian pilih Windows task manager.
10. Pilih Applications -  New Task - ketik Explorer.exe - kemudian OK - lalu Close
Silahkan cek tanda panah masih ada apa tidak, jika sudah hilang berarti Anda berhasil. Namun jika belum silahkan coba lagi. Selamat mencoba..

Generasi Processor Intel Core

Sejak Awal abad 21 tepatnya mulai masuk tahun 2000 processor mengalami perkembangkan yang sangat cepat. Jika kita menghitung mundur dari tahun 2000 sampe 1971 sejak pertama kalinya ditemukanya procesor dengan nama microprocessor 4004 yang hanya menggunakan 16Pin keramic. Hal ini mengalami sejarah yang panjang dari tahun 1971 sampai tahun 2000. Ditulis dari media Online ternama seperci PC World, Chip, bahwa sejak tahun 2000 merupakan tahun perubahan yang sangat pesat khususnya didunia teknologi informasi. 
Pada awal munculnya generasi processor pertama dengan berbasic Core Processor pada tahun 2006 dengan Processor Intel Celleron M. Berikut detail perkembangan Processor intel Core.
  1. Tahun 2006. Intel Processor Core Solo,. Processor ini merupakan  generasi dari Processor Pentium M singgle core
  2. Tahun 2006. Intel Processor Core Duo Processor  Merupakan dari Processor Pentium D.
  3. Tahun 2006. Intel Processor Core 2, merupakan generasi dari Dual core Processor
  4. Tahun 2007. Intel Pentium Processor Dual Core,  
  5. Tahun 2008. Intel Celleron Dual Core.  Merupakan generasi dari Celleron D
  6. Tahun 2009. Intel Atom Dual Core. Intel Atom merupakan varian baru untuk mobile platform PC netbook berukuran 10-12'
  7. Tahun 2010. Intel Core i3. Merupakan generasi dari Core 2 Duo Processor
  8. Tahun 2011. Intel Core i5
  9. Tahun 2012. Intel Core i7
  10. Tahun 2012. Intel Core i7 Extrame editions
Dari masing-masing seri processor memiliki spesifikasi dan support yang berbeda-beda. Hal ini berpengaruh pada kecepatan yang dihasilkan oleh PC maupun PC Laptop dalam eksekusi data.  Support dari masing-masing Processor sudah di sesuaikan dengan standar ketentuan. Semisal Contoh, Processor Core Duo menggunakan Socket Jenis LGA 775, hal ini jika dipasang pada motherboard LGA Socket 1155 jelas tidak akan support. Hal inilah yang sudah menjadi standard ketentuan.

December 30, 2012

Pintar Memilih Motherboard Untuk PC

Mahal bukanlah jaminan untuk membeli barang, Namun "ada harga ada rupa".  Motherboard yang mahal belum tentu memberikan kontribusi yang plus yang sesuai dengan keinginan kita pada saat mambangun PC, khususnya PC untuk Game. Banyak diantara kita ingin membeli motherboard, tapi kurang tau persis dari kegunaanya, hal ini hanya akan merugikan kita sebagai pengguna PC komputer.

Sebelum kita ingin merakit komputer atau membeli Paket komputer yang siap jadi alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada yang tau tentang hardware. Mengapa? Hal ini berhubungan dengan Komputer kita dalam jangka panjang, bukan hanya saat ini saja. 

Hal yang mungkin perlu dipertimbangkan sebelum memilih Motherboard untuk merakit PC
1. Merk Motherboard
Meskipun pada dasarnya semua merk menawarkan keunggulan dari masing-masing produk, namun merk tidak bisa dinafikan untuk menentukan sebuah pilihan jika ingin merakit PC

2. Klaim Garansi
Semua produk baru dari motherboard memiliki garansi, masa garansi baru motherboard memiliki ketentuan masa garansi dan ini tergantung dari merk pabrik. Claim garansi cepat, mudah dan tidak repot mungkin menjadi pilihan sebelum menentukan untuk membeli.

3. Support Motherboard
Hal ini tidak kalah penting, karena motherboard merupakan papan inti sebuah komputer yang terpasang didalamnya. maksud dari support motherboard adalah jangan sampai apa yang aka kita beli tidak sesuai dengan komponen lainya jika suatu saat kita akan Upgrade PC.  Support inti dari Motherboard meliputi, Support processor, PCI, dan  Memory.  Hal ini  jika 1 atau 2 tahan kedepan motherboard masih bisa kita Upgrade dan masih layak.

4. Sesuai dengan kebutuhan


Support Driver dan Aplikasi untuk Windows 8


Win 8 Screen Shot Acer aspire 725

Jika sebelumnya kita telah menggunakan Windows 7 baik Windows versi 32 bit maupun 64bit dan menjalankan aplikasi berjalan normal, hal ini bisa dijalankan pada windows 8 tanpa harus melakukan perubahan apapun pada laptop maupun komputer. System Requirement Windows baik windows 7 dan 8 tidak memiliki perbedaan terhadap syarat pada proses intalasi.

Support driver pada windows 8 seperti, Driver VGA, Chipset, Lan, Atheros Wireless Lan, Sound Card dll semua bisa diinstal pada sistem operasi berbasis windows 8. Hal ini cukup memudahkan bagi pengguna yang ingin menginstal Windows 8.

Windows 8 memang memiliki feature yang lebih jika dibandingkan dengan windows versi sebelumnya yaitu windows 7. Disamping memiliki feature yang berbeda, Windows 8 juga memiliki kecepatan loading pada saat star up sampai  login windows. Namun pada saat menjalankan aplikasi  yang sama terinstal pada windows 7, hasilnya akan sama dalam akses kecepatan eksekusi datanya.

Baik Driver maupun Aplikasi semua bisa dijalankan pada Windows 8 jika sebelumnya berhasil pada windoes 7. Proses instalasi juga sama persis tidak ada perubahan apapun.  Baik Windows 7 dan windows 8 memiliki keunggulan masing-masing dan hal ini semua terantung pada pengguna mana yang akan dipilih sebagai sistem operasinya.

Perlukah Membeli Processor Baru untuk Upgrade Komputer?

Processor merupakan benda mati yang memiliki kecerdasan paling pintar diantara komponen-komponen lainya pada CPU komputer.  Processor terdiri dari jutaan bahkan sampai milyaran transistor yang memiliki fungsi yang terorganisir.  Processor memiliki ketahanan terhadap suhu panas yang berlebih sehingga jarang kita jumpai terjadinya eror/ mati processor.

Pengapa Processor memiliki resistensi yang tinggi terhadap suhu panas yang tinggi?  Processor merupakan kumpulan transistor yang terbuat dari bahan yang sama, hal ini yang menjadikan processor jarang mengalami eror atau mati meskipun terkadang mengalami lonjakan suhu yang panas di atas rata-rata.  Jika suhu processor panas diatas rata-rata, maka yang terjadi biasanya kompuer akan restart dengan sendirinya. Ini merupakan kerja dari BIOS yang diinformasikan oleh processor melalui firmware.

Perlukah kita membeli processor untuk upgrade?
Dari berbagai kasus baik processor baru maupun second pada saat melakukan pekerjaan tidak ada bedanya sama sekali. Hal ini telah kami uji menggunakan Motherboard Gigabyte G41 New dengan menggunakan Processor Intel Core 2 duo 7500 2,9GHz. Kedua processor menggunakan Second dan Baru. Alih-alih setelah diuji, kedua dari processor second dan baru dengan platform intel Core 2 Duo E7500 tidak ada perbedaan performa sama sekali.

Hal ini bisa disimpulkan, Jika kita ingin Upgrade Processor semisal dari Dualcore menjadi Core 2 Duo, dengan memilih Processor Second tentu menjadi pilihan alternatif yang paling pass, tentunya pass di harga yang tentu jauh lebih murah dari harga aslinya yang baru.  Namun hal ini semua tergantung dari  pengguna, karena baerhubungan dengan kemampuan yang berbeda.

Lain halnya dengan Perangkat hardware lainnya seperti Motherboard,  Jika Motherboard telah terpakai kurang lebih 2 tahun, jika kita test uji dengan motherboard baru dengan seri yang sama akan berbeda hasilnya. Ini sangat terlihat pada performa yang dihasilkan. Mengapa bisa demikian? Perangkat motherboard merupakan kombinasi dari berbagai komponen elektronik yang memiliki fungsi dan guna yang berbeda-beda namun di bundling menjadi satu block yaitu "motherboard".  Ini akan sangat berpengaruh jika dibandingkan dengan Prosecessor yang block pada processor sangat paten.

Memilih Coller / Heat sink untuk Processor

Heatsing / Coller merupakan benda logam keras yang terpasang pada motherboard sebagai pendingin processor. Dikarenakan kerja processor yang berat sehingga menghasilkan panas, dan fungsi umum coller atau heat sink adalah sebagai peredam dingin dari panas berlebih yang dihasilkan oleh processor pada CPU Komputer.

Ada bermacam-macam bentuk dan merk cooler/ heat sink yang dijual dipasaran saat ini, dan tentu banyak dari sebagian merk memiliki kualitas yang berbeda-beda tergantung dari jenis bahan yang digunakan dan harga yang ditawarkan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil yang dihasilkan oleh coller yang berdampak pada kesetabilan kerja processor dengan temperatur yang panas.

Tahukan kita pada saat kita ingin upgrade Coller untuk processor ada hal yang perlu diperhatikan. Cooler yang bagus dengan model-model terkini yang dijual memang memiliki daya tarik. Disamping daya tarik, hal lain juga meningkatkan performa yang bisa menjadikan nilai lebih pada sebuah PC yang kita gunakan.  Upgrade coller yang proporsional memang menjadikan CPU bisa meningkatkan kerja, apa lagi jika ingin kita overclock dari nilai standard sebelumnya.

Berikut merupakan alternatif cara Upgrade Coller yang proporsional sesuai dengan standard yang ada
1. Bahan/ materi yang digunakan
pengguna PC yang berpengalaman tentu model bukanlah salah satu yang jadi faktor penting, namun lebih memilih bahan logam yang digunakan. hal ini berpengaruh terhadap hantar panas yang dihasilkan dari panas processor. Logam yang baik akan menghasilkan hantar panas yang sempurna dan tentu menjadikan panas processor menjadi stabil.

2. Original
Pada saat kita membeli sebuah processor baru dengan barang yang resmi, baik intel maupun AMD, tentu saja kita akan mendapat cooler/heat sing bawaan dari processor. Coller ini merupakan coller original yang direkomendasikan dari masing-masing merk dan telah diuji ketahananya. Ini bisa jadi alternatif ketimbang menggunakan coller yang kurang jelas

3. Merk Dagang
banyak berbagai merk dagang dari Coler yang menawarkan dengan harga murah dan memikiki model yang bagus. namun hal ini tidak menjadi jaminan akan kualitas cooler sebagai penahan panas dari processor. Sebagai pengguna PC, tentu kita sudah mengenal merk coller yang memang memiliki kualitas yang bagus, seperti coller master, Venom, Sigmatex, Deepcool dan yang lainya. Dari merk tersebut bukan hanya menonjolkan design cooler, namun juga memiliki kualitas yang bagus.

Standar Cooler Untuk Processor socket LGA
Cooler / Heat sink Original yang memiliki kualitas cukup bagus
Standard Cooler for socket intel 775. No.1

Cooler / Heat sink yang memiliki kualitas Kurang bagus
Standard Cooler for socket intel 775. No.2


Pada gambar kedua diatas merupakan Coller untuk socket LGA 775. keduanya memiliki fungsi yang sama, namu bisa dilihat dari bentuk fisik, coller gambar no.1 dengan berlapis logam tembaga memiliki resistensi yang lebih kuat dari pada coller dengan gambar No.2. Semua merk dagang memiliki kelebihan dan kekurangan, hal ini tentu menjadikan lebih selektif dalam memilih Coller untuk komputer kesayangan kita masing-masing. Semua pilihan tergantung pada penggunanya..



December 29, 2012

Memilih Memory Komputer dengan garansi lifetime

Memory komputer, lifetime warranry

Mungkin diantara kita banyak yang belum tau pada saat kita membeli memory baik memory komputer maupun laptop.  Ada banyak merk memory dengan layanan garansi penuh atau Lifetime Warranty. Berikut beberapa merk Memory dengan garansi Lifetime / seumur hidup yang dijual dipasaran.
1. Adata
2. Apacer
3. Corsair
4. Deal
5. Elixir
6. G-Skill
7. Kingstore
8. Maestro
9. MCPRO
10. MCV
11. Muscle Power
12. OCZ
13. Patriot
14. TEAM Elite
15. Transcend
16. V-Gen
17. Venom RX
18. VisiPro

Dari ke 18 merk memory diatas merupakan merk memory yang banyak kita jumpai di berbagai toko komputer. Kesemuanya memiliki garansi full atau lifetime warranty (garansi seumur hidup). Namun tidak semua memory meskipun dengan label lifetime warranty mendapatkan service total. Ada beberapa faktor yang Unreplacement memory (memory tidak bisa ditukar) dikarenakan faktor human error atau kesalahan yang dilakukan oleh pengguna.

Unreplacement memory / Human Error
1. cacad fisik
2. segel rusak
dari keduanya biasanya tidak dikategorikan sebagai garansi, hal ini karena faktor kesalahan yang dilakukan oleh pengguna tersebut.

Tips sebelum membeli Memory (Hal yang perlu ditanyakan sebelum membeli)
1. Garansi
2. Service center
3. Lama penggantian/penukaran jika terjadi eror



Windows 7 lebih nyaman dari Windows 8

Windows mania tentu tida ketinggalan sejak dirilisnya windows 8 pada akhir tahun 2012.  Windows 8 memang sekarang sedang naik daun dari semua kalangan. Namun, tahukan anda ternyata windows 7 lebih nyaman untuk melakukan pekerjaan dibandingkan dengan windows 8.

Fakta windows 8  memang banyak feature unggulan yang tidak dimiliki oleh windows generasi sebelumnya, baik windos 7 maupun windos xp. Perubahan total pada windows 8 memang dirancang untuk pengguna dengan menggunakan jenis komputer "touch csreen" seperti, tablet, laptop support touch screen dll.

Jika kita menggunakan PC untuk melakukan pekerjaan total dengan menggunakan System operasi Windows 8, hal ini akan mengalami sedikit hambatan dalam mempercepat pekerjaan. Mengapa demikian?   Pada windows 8, saat kita ingin membuka program aplikasi, kita harus search terlebih dahulu dengan menggunakan keyword awalan dari nama program atau aplikasi yang ingin kita jalankan. Seperti contoh, Kita ingin membuka aplikasi MS Word, kita harus menuju kolom search terlebih dahulu dan mengetik nama program dengan awalan "M". Meskipun itu otomatis akan muncul, namun hal ini akan membingungkan jika aplikasi yang kita instal lupa namanya.

Win 8 screen menu app


win 7 star menu
Dari kedua gambar diatas baik windows 7 maupun windows 8 memang memiliki keunggulan masing-masing. Hal ini juga tergantung dari pemakai. Namu dalam pandangan kami, Window 7 lebih nyaman dalam mengoptimalkan pekerjaan yang lebih cepat dibandingkan dengan windows 8. 

Support Windows 7 dan Windows 8 terhadap Software Umum

Baik windows 7 maupun Windows 8 memiliki System Requirement yang sama antara keduanya. Jika sebelumnya kita menggunakan Windows 7, dan tidak mengalami masalah dalam menjalankan program maupun aplikasi, Hal ini juga bisa dijalankan oleh Windows 8. Jadi pada poko inti tidak perlu menambah atau mengurangi komputer maupun laptop yang sebelumnya telah terinstal windows 7.

Merakit Komputer Untuk Jangka Panjang

Komputer plane
Komputer merupakan alat elektronik yang cerdas dan pintar untuk menunjang pekerjaan kita sehari-hari. Pada postingan sebelumnya jenis-jenis komputer dan fungsinya telah ditulis secara panjang lebar

 Ada beberapa point penting pada saat kita merakit komputer, terutama CPU Komputer. Meskipun CPU Komputer merupakan perangkat elektronik yang kurang memiliki efisiensi dibandingkan dengan Laptop Komputer maupun Tablet, Namun CPU komputer masih menjadi alternatif terbaik dilihat dari pengguna pada saat ini. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk membeli dan merawat sebanding dengan kegunaanya.

 CPU Komputer pada faktanya memang "menengah kebawah" dari segi pengguna berdasarkan survey. Namun, lain bagi pecinta Game, dimana CPU Komputer menjadi pilihan utama dan ini tidak bisa didapatkan pada spek-spek Laptop.

 Lalu bagaimana kita memilih komputer dengan harga yang relatif murah namun memiliki fleksibilitas untuk jangka panjang? Berikut point-point nya..
1. Jenis Motherboard
 Pada saat ini Janis motherboard Untuk Intel yang banyak keluar adalah jenis LGA Socket 1156, 1155, 1137. Motherboard Jenis ini menggunakan Socket memory DDR 3, dan untuk Memory DDR 3 banyak dijumpai di toko komputer dengan berbagai merk produk pasar. Motherboard tersebut support Processor Core i3, i5, dan Core i7. Alih - alih Motherboard Jenis ini bisa menjadi pilihan untuk merakit komputer.
 2. Jenis Processor
 Sudah barang tentu ketika kita merakit komputer antara kedua dari Motherboard dan Processor harus Support. Jika kita merakit CPU dengan Platform Intel Core i3 socket 1156, kita harus memilih motherboard dengan support processor Core i3 tersebut.
 3. Memory Computer
 baik Mortherboard, Processor maupun memory merupakan satu paket yang tidak bisa dipisahkan
 4 Power Supply
 Power suply merupakan sumber daya energi yang mensupply arus ke semua perangkat. Dari ke 4 poit diatas merupakan faktor penting, Jika saat ini kita merakit komputer dengan klasifikasi seperti gambaran diatas, kemungkinan 2 atau 3 tahun kedepan masih bisa layak untuk diupdate sesuai dengan perkembangan komputer pada saat itu. Namu hal ini tidak bisa menjadi patokan.