September 24, 2012

Kelemahan dan kelebihan Printer Canon ip 2770

Printer Canon ip 2770


Printer merupakan Produk yang paling popular dari canon pada saat ini. Disamping lumayan handal, printer-printer dari canon pun harganya terjangkau.

Kelebihan Printer canon ip 2770
  1.  Pada Printer canon ip 277o yang saat ini cukup dibilang harganya sangat terjangkau yang sekitar 430an ribu bisa menjadi alternatif untuk membantu pekerjaan kita, terlebih2 bagi pelajar maupun mahasiswa yang sedang menyelesaikan TA.
  2. Perawatan mudah 
  3. jika terjadi eror sedikit mudah untuk solve nya

Kekurangan Printer canon ip 2770
Ada beberapa kelemahan pada printer ini diantaranya yaitu pada catrid 810[Black] ato 811 [Color] hanya mampu menghasilkan kurang lebih 3-4Rim kertas HVS atau sekitar 2000 lembar. namun ini cukup lumayan dari pada menggunakan jasa rental komputer.

Pada printer seri sebelumnya yaitu ip 1880, 1900, 1980, MP 145 yang menggunakan Cartridge 40,41,830,831 pada  Cartrid yang mengeluarkan tinta agak sedikit tebal sehingga printer jenis ini dengan cartrid 40,41 mampu menghasilkan hasil printer yang lebih banyak dan lebih baik dibandingkan printer ip 2770 dengan cartridge 810/811.

Disamping Keawetan sebuah printer, ada faktor lain yang membuat printer lebih awet dan tahan lama yaitu perawatan, penggunaan tinta printer, frekuensi penggunaan printer.

Motherboad G41 Socet 775 DDR3 Up Memory 8GB

Apa kamu pernah memakai motherboard Type G41 Socet 775 DDR3? Pasti sudah banyak yang memakai produk ini, karena disamping harganya murah, motherboard jenis ini juga bisa dibilang lumaan cepat untuk mengeksekusi program maupun data.



Ada beberapa Type Motherboard G41  diantaranya yaitu, Gigabyte GA-G41MT-S2 , Asus, Biostar G41-M7, Asrock, ECS dan lain-lain. Kebanyakan dari tipe ini rata-rata  menggunakan North Bridge: Intel® G41 Chipset dan South Bridge: Intel® ICH7 dimana motherboard tersebut bisa kita upgrade memori sampai 8GB. Apa sudah ada yang tau caranya? Bagaimana Caranya Upgrade Memory pada motherboard G41 up to 8GB?  Berikut Penjelasan singkatnya

Jika kita merakit komputer dengan motherboard jenis diatas intinya yaitu Instal OS dengan menggunakan System 64bit. Baik itu windows XP, Vista, maupun Windos 7. Mengapa? Pada chipset jenis ini ketika kita pasang memory 4GB baik itu Twin maupun singgle channel dan diinstal OS dengan 86/32bit maka hanya akan menghasilkan maksimal memory 3,25GB.

Kebanyakan dari jenis motherboard Chipset G41 DDR 3 memiliki kemampuan yang setara dari merk-merk lain. Dengan Socet LGA 775 mampu membaca processor UP to Core 2 Quad, ini dimiliki oleh motherboard chipset G41.

Namun tidak semua type Chipset G41 mampu di Upgrade UP to 8GB, hal ini terantung dari merk motherboard yang dipake.


Tanda Silang Pada Batre Laptop [Consider Replacing Battery Win 7]


Kamu pernah mengalami hal seperti gambar diatas? Itu namanya dalam istilah inggrisnya" Consider Replacing  Battery"  yang maksud sederhananya  mengembalikan/menetralkan batre kedalam keadaan semula.

cara menghilangkan seperti ini cukup mudah, apalagi bagi kaum teknisi yang sudah lama bergerak didunia servise laptop maupun komputer. Ada beberapa cara untuk menghilangkan tanda silang pada batre dengan sistem windows 7. Langkah-langkahnya sebagai berikut:


  1. Nyalakan laptop 
  2. Pasang carger laptop dan jangan cabut sebelum batre benar-benar full 100%
  3. Restart Laptop
  4. Kemudian Sebelum masuk Windows tekan F8 berkali-kali. jangan berhenti jika belum keluar gambar sebagai berikut 
  5. selanjutnya pilih Safe Mode kemudian enter
  6. Jika sudah masuk ke windows safe mode kemudian cabut carger dan laptop jangan dimatikan
Tunggu hingga batre habis dan laptop mati dengan sendirinya. Kemudian nyalakan laptop kembali dengan memasang carger. Kemungkinan langkah ini berhasil dengan catatan batre masih oke dan normal

Note/Catatan:
Tidak Selamanya batre dengan tanda silang bisa diatasi dengan cara yang telah dijelaskan di atas. Ada beberapa kemungkinan tidak berhasil. 

September 11, 2012

Mengenal Jenis-Jenis Memori Komputer dan Fungsinya



Dalam Ilmu komputer Memory merupakan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data. Data disini merupakan data digital baik file software, foto, video, utility dll. Perkembangan dunia IT saat ini semakin cepat, sehungga kita khususnya sebagai pengguna diberikan kemudahan-kemudahan dalam pekerjaan kita sehari-hari.

Semua perangkat komputer memiliki memori, kalau dalam komputer lebih popular dengan sebutan RAM [Random Acess Memory] yang bentuknya panjang terpasang pada papan motherboard komputer.

Ada 5  jenis Memory yang sering kita jumpai.

  • RAM [Random Acess Memory] Fungsi dari Memory jenis ini secara umun adalah menyimpan data sementara, menulis, membaca yang bersifat sementara. Contoh, ketika kita menyalakan komputer dan menjalankan program Microsoft Office tiba-tiba mati lampu dan data belum tersimpan. Pada saat kita nyalakan komputer lagi dan membuka progran Microsoft Office, akan muncul data yang belum kita simpan secara otomatis. Ini merupakan fungsi dari pekerjaan RAM
  • ROM [Read-Only Memory]  ROM disini berfungsi sebagai pengendali/ memegang perintah pada saat menyalakan sebuah komputer. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras. Contoh ROM semacam ini adalah ROM BIOS. ROM BIOS berisi program dasar sistem komputer yang berfungsi untuk mengatur dan menyiapkan semua peralatan atau komponen yang ada atau yang terpasang pada komputer saat komputer ‘dinyalakan/dihidupkan’.Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras. Contoh ROM semacam ini adalah ROM BIOS. ROM BIOS berisi program dasar sistem komputer yang berfungsi untuk mengatur dan menyiapkan semua peralatan atau komponen yang ada atau yang terpasang pada komputer saat komputer ‘dinyalakan/dihidupkan’.
  • PROM [Programmable read-only memory]   PROM merupakan Chip yang bisa menyimpan data, namun tidak bisa dihapus lagi atau bersifat permanen.  Program yang tersimpan di dalamnya bersifat permanen dan  digunakan untuk menyimpan program bahasa mesin yang sudah menjadi bagian hardware (perangkat keras) komputer. Contohnya adalah program yang men-start komputer ketika komputer baru dinyalakan. Program yang ada di dalam PROM diisi oleh pabrik pembuatnya. Pengisian program ke dalam PROM menggunakan alat khusus bernama PROM burner, atau PROM Writer Program atau informasi yang telah diisikan atau direkamkan ke dalam PROM, tidak dapat dihapus lagi. 
  • EPROM [ERASABLE PROGRAMMEBLE READ ONLY MEMORY ] EPROM berbeda dengan PROM. EPROM adalah jenis chip memori yang dapat ditulisi program secara elektris. Program atau informasi yang tersimpan di dalam EPROM dapat dihapus bila terkena sinar ultraviolet dan dapat ditulisi kembali. Kesamaannya dengan PROM adalah keduanya merupakan jenis ROM, termasuk memori non-volatile, data yang tersimpan di dalamnya tidak bisa hilang walaupun komputer dimatikan, tidak membutuhkan daya listrik untuk mempertahankan atau menjaga informasi atau program yang tersimpan di dalamnya.Alat yang dapat digunakan untuk menghapus isi chip EPROM adalah UV PROM eraser. Alat ini akan menyinarkan sinar ultraviolet ke memori tempat data disimpan dalam chip EPROM (disinarkan tepat pada lubang kuarsa bening). Dengan demikian, chip EPROM dapat digunakan kembali dan dapat diisikan informasi/program baru ke dalamnya. Informasi lain menyebutkan bahwa alat yang dapat digunakan untuk menghapus isi EPROM adalah EPROM Rewriter

  • EEPROM [Electrically Erasable Programmable Read Only Memory]  EEPROM merupakan  komponen yang banyak digunakan dalam motherboard komputer dan beberapa perangkat  elektronik lain yaang berfungsi sebagai penyimpan konfigurasi data pada peralatan elektronik tersebut. Kapasitas penyimpanan pada  EEPROM  sangat terbatas. Pada sistem hardware komputer yang sering digunakan, Chip EEPROM umumnya digunakan untuk menyimpan data konfigurasi BIOS [Basic Input Output System].

September 10, 2012

Apa Yang Dimaksud Dengan Processor?



 Processor merupakan sebuah Chip kecil yang terdiri dari berbagai macam kumpula IC [ integrated Circuit ] yang memiliki kemampuan multifungsi dari masing masing IC tersebut. Ada due type processor yang paling populer saat ini yang menjadi brand nomor satu di dunia, yaitu Intel Processor dan AMD. Chip Intel dikembangkan oleh Intel Corporate dimana bertempat di California, America. Sedangkan Chip AMD atau dengan kepanjangan [ Advanced Micro Devices] juga di kembangkan di kota yang sama dan negara yang sama juga yaitu, California, America. Dari Kedua brand ternama didunia ini masing masing memili kelebihan




Processor Speed /Kecepatan prosesor
Ada 3 [tiga] hal yang mempengaruhi kecepatan Prosesor


1. [Internal Bus] Kecepatan Internal. Ambil contoh Intel® Core™ i3-2367M Processor (2.30 GHz, Cache 3MB) disini  kita bisa mengetahui dari angka yang terdapat dari procesor tersebut. Core i3 2367M merupakan type Processor sedangkan 2,30GHz kecepatan internal processor atau lebih gaulnya dengan istilah Clock Processor. semakin besar Clock nya, maka semakin besar pula kecepatan yang dihasilkan dati nilai internal prosesor tersebut.

2. [External Bus] atau Kecepatan eksternal
Masih menggunakan contoh  Intel® Core™ i3-2367M Processor (2.30 GHz, Cache 3MB)
Kita b
isa menggunakan analogi, ketika kita merakit sebuah CPU komputer dengan menggunakan prosesor  Intel Core i3-2367M 2.30 GHz dengan menggunakan merk motherboard yang sama tapi dengan Type motherboard  yang berbeda maka hasilnya pun akan lain.
Saya ambil contoh sederhana. Saya merakit komputer dengan Motherboard Gigabyte Socet 1155 Type H61M-DS2  dan satunya menggunakan GIGABYTE Motherboard Socket LGA 1155 G1.Sniper 3. Maka apa yang terjadi?  Pasti  pilihan kedua akan jauh lebih kencang dan jauh lebih maksimal kecepatanya. ini adalah Gambaran dari [External Bus] atau Kecepatan eksternal dimana memacu kinerja Processor lebih maksimal.


3. [Cache Memory] atau Kapasitas Memory yang dipakai
Cache Memory adalah tempat menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat. Cache memori ini terletak antara register dan memory utama sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama.

Cache memory ini berbasis SRAM dan secara fisik memiliki ukuran sangat kecil dan kapasitas tampung datanya juga kecil. Pada saat ini, cache memory ada 3 jenis, yaitu L1 cache, L2 cache, dan L3 cache.


Cache Memory

Test Printer Type Canon Tanpa Komputer


Sebagai teknisi perangkat komputer khususnya printer pasti kamu pernah mengalami hal-hal serupa seperti saya. Pada saat ada servisan printer masuk kita kesusahan cara test printer type canon tanpa menggunakan perangkat komputer maupun laptop. Cara test ini dibilang cukup menghemat waktu tanpa harus menginstal pada perangkat komputer.


Berikut cara kerjanya, Test print tanpa komputer
Untuk type canon  bisa dengan IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980,IP2770 dan seri diatasnya.

1. Nyalakan Printer.
2. Siapkan kertas dan masukan pada printer
3. Tekan-tekan tombol resume 4x - 5x secara cepat, jangan sampai kurang.
4.  printer canon akan menjalankan test print secara otomatis

Untuk jenis Canon Copy Scand Multifungsi gunakan tombol copy untuk mengetahui hasil printer yang diinginkan. Semoga bermanfaat






September 9, 2012

Kode Error 5100 Printer Canon IP2770

Error kode 5100 pada printer ip 2770 biasanya terjadi karena printer tidak bisa mendeteksi cartridge yang terpasang. hal ini biasanya terjadi karena konektor printer dengan kartrid tidak terpasang secaa sempurna, atau bisa jadi disebabkan karena cartridge dalam keadaan kotor karena saking lamanya tidak dibersihkan.
Untuk memperbaiki hal seperti ini bisa dibilang mudah.

Berikut cara-caranya solusi untuk eror 5100 printer ip 2770;

  1. Matikan Printer
  2. lepas kedua kartride
  3. Cek dan pastikan konektor penghubung antara kartridge dan printer dalam keadaan bersih. jika kotor bersihkan pake cairan yang mudah menguap. [Alkohol]
  4. Kemudian pasang kembali kedua kartridge
  5. Langkah terakhir Test Print


September 6, 2012

Pengertian Chipset pada motherboard Komputer dan fungsinya

Pengertian Chipset Secara Umum

Chip merupakan sekumpulan IC yang memiliki fungsi tersendiri pada papan atau motherboard komputer.
Contoh Chipset bisa kita lihat pada gambar

Ada dua type Chip yang paling populer yang ada pada motherboard komputer yang sering kita jumpai, yaitu: Sourdbridge dan Notrbridge

•►Northbridge
 [ Northbridge lebih populer dengan istilah Memori Control]. Dalam Istilah Inggris MCH atau Memmory Controller Hub. Jenis Chip ini di kembangkan oleh Intel Corporate dengan istilah MCH tadi. 

Northbridge memiliki peranan khususs yang sangat penting dimana menghubungkan satu komponen ke komponen lain yang berisi informasi dari berbagai komponen tersebut,  yang diantaranya yaitu ; Menghubungkan CPU [Processor] ke VGA, memory, PCI. Dalam hal ini bisa disimpulkan secara singkat fungsi Northbridge secara umum sebagai penghubung atau penjembatan yang mengendalikan CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge.

Fungsi lain Pada Northbridge sebagai pengatur laju kecepatan pada CPU, Memory, VGA, seperti contoh pada saat kita Overclocking dengan memaksimalkan kinerja komponen-komponen pada komputer. Ini merupakan kerja dari Northbridge secara umum.  Dan tentu banyak fungsi lainya dari Northbridge yang secara umum sudah di uraikan diatas.

•► Southbridge
Southbridge bisa di ibaratkan  Management dimana sebagai  chipset yang mengontrol BUS IDE, USB, dukungan Plug and Play, control  PCI, ISA, keyboard, mouse dan bbrapa perangkat lainya.
Contoh kerja dari Southbridge, pada saat kita memasukan USB Flashdisk, MMC Card, Usb Modem. ini merupakan kerja dari Southbridge yang berupa Chip pada motherboard komputer.

Beberapa Istilah berkaitan dengan Artikel diatas.
  1. IC : integrated Circuit [Indonesia] sirkuit terintegrasi
  2. CPU : (Central processing Unit). [Indonesia : Unit Pengolah Pusat]
  3. PCI : Peripheral Component Interconnect
  4. RAM : Random Access Memory
  5. AGP : Accelerated Graphics Port 
  6. USB : Universal Serial Bus
Silahkan melengkapi artikel ini dengan menambahkan komentar yang positif dan membangun..



Generasi Chip Processor Intel Pada Laptop dari Masa ke Masa

Apa itu Chip Processor?

Chip merupakan Kepingan kecil berisi rangkaian elektronika dan dibuat dari partikel silikon eketronic, yang mempunyai kemampuan untuk memproses suatu angka atau logika. Kepingan ini juga disebut dengan microchip, yang terbuat dari silikon yang kecil dan sangat tipis.
Processor merupakan sekumpulan IC kecil yang berfungsi sebagai otak atau inti dari pada komputer. Processo disini sebagai penentu dari beberapa hardware maupun perangkat lunak yang terpasang pada unit komputer. 

Jadi, Chip Processor merupakan sekumpulan rangkaian IC dalam bentuk Chip yang memiliki kemampuan logika yang tersusun menjadi satu kesatuan dalam bentuk processor. 

Logo Intel Processor


processor intel
Intel Processor

Intel merupakan perusahaan rasaksa yang pada saat ini bisa di katakan menguasai pasar dunia dalam hal dunia Informatika. Meskipun demikian, Intel tetap mengembangkan Chip seiring semakin ketatnya perkembangan dunia Technology Informasi yang berkembang saat ini. Beberapa Perusahaan ternama lainya seperti AMD, hal ini juga bisa disejajarkan dengan Intel sebagai icon IT terpopler didunia.

Berikut adalah turunan processor intel pada laptop dari zaman ke zaman.
Urutan teratas merupakan urutan yang paling baru

  • Intel® Core™ i7 Mobile Processor Extreme Edition (Seri tertinggi untuk saat ini)
  • Intel® Core™ i7 Mobile Processor
  • Intel® Core™ i5 Mobile Processor
  • Intel® Core™ i3 Mobile Processor
  • Intel® Core™2 Quad Mobile Processor
  • Intel® Core™2 Extreme Mobile Processor
  • Intel® Core™2 Duo Mobile Processor
  • Intel® Core™2 Solo Processor
  • Intel® Core™ Duo Processor
  • Intel® Core™ Solo Processor
  • Intel® Pentium® Mobile Processor
  • Intel® Atom™ Processor 
  • Intel® Celeron® M Processor
  • Intel® Celeron® Mobile Processor
  • Intel® Pentium® III Processor
  • Intel® Pentium® II Mobile Processor
Urutan di atas hanya  merupakan gambaran secara umum beberapa benerasi procssor pada laptop. adapun dari masing-masing processor tersebut memiliki type-type. dalam hal ini akan di tulis pada artikel berikutnya.

Pada saat ini, Komputer maupun laptop dengan platform intel masih menjadi pilihan banyak kalangan, terutama dari kalangan bisnis dan pelajar. Platform intel juga banyak direkmendasikan oleh perusahaan untuk berbagai Komputer Server kelas dunia.

Lain halnya dengan Processor dengan Platform AMD. Kebanyakan pemakai atau penggemar dari komputer dengan platform Processor AMD dari pecinta Gamers, Overclocking. Meskipun pada kenyataan tidak sepopuler Intel, Namun Perusahaan AMD bisa disejajarkan dengan Intel.

September 5, 2012

Type Processor AMD For Desktop beserta turunanya


Prosesor AMD [ Advanced Micro Devices ]; dari berbagai sumber.  Merupakan sebuah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis diSunnyvale, dan pada  saat ini sangat popul;er dan terkenal dengan produknya yang cukup bersaing dan membanjiri pasaran, seperti mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstationdan komputer pribadi (PC). Pada saat ini, AMD atau Advanced Micro Devices, telah membanjiri pasaran dan  bisa sejajar dengan INTEL. Baik AMD maupun Intel tidak bisa dipungkiri kalau ke dua dari jenis CHIP tersebut memang menjadi icon rasaksa dalam dinia IT saat ini

Berikut merupakan Procesor AMD untuk PC Desktop beserta keluarganya dari masa ke masa

AMD Phenom™ II X6 [Tertinggi untuk saat ini]
AMD Phenom™ II X4
AMD Phenom™ II X3
AMD Phenom™ II X2
AMD Phenom™
AMD Athlon™ II X4
AMD Athlon™ II X3
AMD Athlon™ II X2
AMD Athlon™ X2
AMD Athlon™
AMD Sempron™

September 3, 2012

Type Processor Intel beserta turunanya


Processor  [English]ato prosesor [ Indonesia]  merupakan inti  dari komputer/laptop, Kita bisa menganalogikan  menggunakan manusia, letak prosesor adalah otak.

berikut type prosesor intel beserta turunanya dari masa ke masa: 
Urutan teratas merupakan type prosesor yang paling tinggi..


  • Intel® Core™ i7 Desktop Processor Extreme Edition [Seri paling tinggi untuk saat ini]
  • Intel® Core™ i7 Desktop Processor
  • Intel® Core™ i5 Desktop Processor
  • Intel® Core™ i3 Desktop Processor
  • Intel® Core™2 Extreme Desktop Processor
  • Intel® Core™2 Quad Desktop Processor
  • Intel® Core™2 Duo Desktop Processor
  • Intel® Pentium® Desktop Processor
  • Intel® Celeron® Desktop Processor
  • Intel® Atom™ Processor
  • Intel® Celeron® D Processor
  • Intel® Pentium® 4 Processor
  • Intel® Pentium® III Processor
  • Intel® Pentium® II Processor
  • Intel® Pentium® Pro Processor
  • Intel® Pentium® Processors with MMX™ Technology
  • Intel® Pentium® Processors




September 1, 2012

Reset Printer Canon MP258 Error 5200















Bagaimana Cara Reset Printer  Canon MP258 dengan kode  Error 5200?

Biasanya ini terjadi karena kartrid yang dipasang tidak kencang atau memang kartride sudah dalam keadaan eror tapi masih bisa digunakan. ketika printer Canon MP258 ini dinyalakan, printer kelihatan normal. Tetapi setelah diperintah untuk print, maka error 5200 akan muncul. Sebenarnya gejala error 5200 pada printer Canon MP258 adalah permasalahan di Catridge Warna sudah tidak berfungsi secara normal. Biasanya cartridge jenis ini pada umumnya hanya mampu print sebanyak 3 - 4 Rim kertas ukuran A4 standard.
Namun kode 5200 pada kartrid tidak selalu kartrid eror dan harus diganti. Jika kamu mengalami hal demikian ikuti saja langkah-langkah dibawah ini.

Pertama ekan Tombol STOP/RESET dan tahan, kemudian tekan tombol POWER dan tahan
Tombol POWER masih ditekan, lepas tombol STOP/RESET, kemudian tekan tombol STOP/RESET 2 x dalam keadaan tombol power masih ditekan
Lepas kedua tombol secara bersamaan
Printer akan berproses beberapa saat (agak lama), kemudian LCD Panel akan menunjukkan angka NOL (0)

Jika langkah ini berhasil, komputer atau laptop yang kamu gunakan akan mendeteksi secara otomatis jika cartridge telah terinstal secara benar. langkah selanjutnya Tes print

Cara Kedua yang lebih mudah



  1. Nyalakan printer kemudian Jalankan printer untuk mencetak dokumen atau print test, tunggu sampai error 5200 akan muncul.
  2. Kemudian  cabut kabel listriknya tanpa menekan tombol ON-OFF
  3. Buka katrid, Jika tidak bisa geser ketengah. tekan peniti kecil warna putih kemudian geser ke tengah.
  4. Lepas semua cartridge dan biarkan catrid  tetap terbuka
  5. Hidupkan printer, head akan bergerak menabrak kiri kanan karena tutupnya masih terbuka lalu akan berhenti di tengah.
  6. Pasang kembali cartridge, dan tutup penutu printer kembali
  7. kemudian test printer