Pengertian Chipset pada motherboard Komputer dan fungsinya

Pengertian Chipset Secara Umum

Chip merupakan sekumpulan IC yang memiliki fungsi tersendiri pada papan atau motherboard komputer.
Contoh Chipset bisa kita lihat pada gambar

Ada dua type Chip yang paling populer yang ada pada motherboard komputer yang sering kita jumpai, yaitu: Sourdbridge dan Notrbridge

•►Northbridge
 [ Northbridge lebih populer dengan istilah Memori Control]. Dalam Istilah Inggris MCH atau Memmory Controller Hub. Jenis Chip ini di kembangkan oleh Intel Corporate dengan istilah MCH tadi. 

Northbridge memiliki peranan khususs yang sangat penting dimana menghubungkan satu komponen ke komponen lain yang berisi informasi dari berbagai komponen tersebut,  yang diantaranya yaitu ; Menghubungkan CPU [Processor] ke VGA, memory, PCI. Dalam hal ini bisa disimpulkan secara singkat fungsi Northbridge secara umum sebagai penghubung atau penjembatan yang mengendalikan CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge.

Fungsi lain Pada Northbridge sebagai pengatur laju kecepatan pada CPU, Memory, VGA, seperti contoh pada saat kita Overclocking dengan memaksimalkan kinerja komponen-komponen pada komputer. Ini merupakan kerja dari Northbridge secara umum.  Dan tentu banyak fungsi lainya dari Northbridge yang secara umum sudah di uraikan diatas.

•► Southbridge
Southbridge bisa di ibaratkan  Management dimana sebagai  chipset yang mengontrol BUS IDE, USB, dukungan Plug and Play, control  PCI, ISA, keyboard, mouse dan bbrapa perangkat lainya.
Contoh kerja dari Southbridge, pada saat kita memasukan USB Flashdisk, MMC Card, Usb Modem. ini merupakan kerja dari Southbridge yang berupa Chip pada motherboard komputer.

Beberapa Istilah berkaitan dengan Artikel diatas.
  1. IC : integrated Circuit [Indonesia] sirkuit terintegrasi
  2. CPU : (Central processing Unit). [Indonesia : Unit Pengolah Pusat]
  3. PCI : Peripheral Component Interconnect
  4. RAM : Random Access Memory
  5. AGP : Accelerated Graphics Port 
  6. USB : Universal Serial Bus
Silahkan melengkapi artikel ini dengan menambahkan komentar yang positif dan membangun..



Pengertian Chipset pada motherboard Komputer dan fungsinya Pengertian Chipset pada motherboard Komputer dan fungsinya Reviewed by liee on Thursday, September 06, 2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.