February 26, 2013

Fungsi Dasar Computer Shortcut Keyboard pada Office

Shortcut keyboard


Ctr, Alt, Caps Lock, merupakan Shortcut pada keybard komputer maupun laptop. Baik shortcut keyboard komputer dan laptop memiliki fungsi yang sama.  Shortcut sering digunakan sebagai alternatif untuk mempercepat pekerjaan tanpa menggunakan mouse. Seperti pada saat kita menjalankan program MS Office, pekerjaan akan lama jika kita melakukan perintah dengan menggunakan mouse tanpa mengetahui lebih jauh fungsi perintah shortcut keyboard.

Apa itu Ctrl + A, Ctrl + C, Alt +F4 dan sebagainya? itu merupakan fungsi dasar short key pada keyboard yang  memiliki fungsi sama seperti kita memakai mouse.  Jika kita belum terbiasa mungkin harus banyak berlatih dan menghafalkan secara continuitas.

Untuk mengetahui fungsi dari masing-masing tentu bukan hanya dengan cara menghafalkan saja, namun tanpa menghafal jika terbiasa menggunakan keyboard akan lebih cepat menguasainya.

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi shortcut pada keyboard dengan penjelasanya.

Tombol KeyboardKeterangan
Ctl + ABlok semua lembar kerja / select all
Ctl + BBold Font / mempertebal huruf Font
Ctl + CMengkopi hasil kerja
Ctl + DMemillih Font dan  ukuran font
Ctl + EFont Center / memposisikan Font ditengah
Ctl + FMengganti tulisan yang ingin diganti pada lembar kerja
Ctl + GMerubah posisi lembar kerja 
Ctl + iItalic / huruf miring
Ctl + JRata kanan
Ctl + KInsert sumber dokumen
Ctl + LRata kiri kanan pada lembar kerja
Ctl + MMenggeser (sama seperti fungsi Tab)
Ctl + NMembuat lembar kerja baru
Ctl + Omembuka file dokumen
Ctl + PPrint layout
Ctl + SMenyimpan lembar kerja
Ctl + UGaris bawah pada lembar kerja
Ctl + VPaste (setelah lembar kerja di copy)
Ctl +WClose / keluar
Ctl + ZUndo 
Ctl + HOMEKe halaman pertama
Ctl + ENDke halaman ahir
HOMEKe halaman pertama
Alt + F4Close / keluar
Alt + F5Minimize
Alt + 1Simpan dokumen


Note :
Pada penjelasan diatas merupakan fungsi shortcut keyboard untuk Microsotf Office 2003 / 2007 / 2010. 
Fungsi key sering menjadi alternatif untuk mempercepat pekerjaan ketimbang ketergantungan menggunakan mouse.

February 25, 2013

Jumper dan Fungsi Jumper Pada Komputer

Apa yang disebut dengan jumper? dan apa fungsi jumper pada komputer?  Jumper merupakan konektor/ penghubung kecil yang berfungsi sebagai penghubung PIN pada komputer. Jumper bisa kita jumpai pada Hardisk Drive IDE dan  Motherboard komputer.

Secara umum fungsi jumper untuk mengkonfigurasi beberapa seting komputer melalui beberapa piranti yang ada pada CPU Komputer.  Seperti seting Motherboard, Hardisk Drive, Sound Card, Pararel, dan lain-lain.  Jumper pada setingan komputer bisa sebagai fungsi Disable dan Enable pada peripheral yang akan di disable maupun di enable.

Seperti contoh jika kita ingin mem pararel 2 buah Hardisk IDE dengan menggunakan 1 kabel,  Jumper disini memiliki peran penting. Dengan seting jumper secara tepat dan benar, 2 buah hardisk bisa kita konfigurasi menjadi Master Drive dan Slave master. 


fungsi jumper pada komputer
Jumper pada Hardisk Drive

Contoh lain Jumper pada BIOS. Jumper bisa difungsikan untuk meriset (mengembalikan setingan default pada motherboard). Mungkin hal ini sudah umum dilakukan.

Apakah kesalahan pemasangan Jumper pada Hardisk drive bisa menyebabkan komputer jadi rusak?

Pemasangan jumper yang tidak tepat pada hardisk tidak menyebabkan eror. Hanya saja jika terjadi kesalahan pemasangan hardisk tidak bisa terbaca pada BIOS maupun pada Windows pada saat booting.  Pada masing-masing merk hardisk cara seting jumper berbeda-beda. biasanya pada label ada keterangan cara pemasangan jumper. Baik Master, Slave maupun data.

Perbedaan dan Persamaan SATA, ESATA, PATA, ATA, ATAPI dan IDE

Apa saja yang membedakan antara jenis Konektor SATA, ESATA, PATA, ATAPI dan IDE?  Sering kita membaca tentang artikel baik melalui majalah maupun Online. Namun kita masing bingung membadakan jenis konektor semacam ini.

Sering kita mendengan Hardisk Sata, Hardisk IDE. Apa yang membedakan dari keluarga kenektor jenis tersebut?  Berikut sedikit penjelasan singkatnya..

SATA
Sata merupakan Kepanjangan dari Serial ATA. Jenis konektor Sata bisa dijumpai pada komputer. memiliki bentuk lebih kecil dan praktis jika dibandingkan dengan kabel IDE.



ESATA
ESATA lebih dikenal sebagai Port  pada External Hardisk Drive.  Kita biasa mendengan istilah esata external hardisk drive. Jadi inilah yang dimaksud dengan ESATA


eSATA 
ATA, PATA dan IDE
Mungkin ini yang paling membingungkan diantara jenis-jenis konektor yang lain.  Antara ATA, PATA dan IDE sebetulnya adalah sama.

ATA, PATA, IDE CONECTOR
Pada gambar diatas merupakan conector pada desktop komputer/ CPU Computer.

ATAPI
ATAPI  merupakan akronim/kepanjangan dari (AT Attachment Packet Interface) Istilah ini lebih populer sebagai konektor CD ROOM.  baik ATAPI dan IDE sebenarnya memiliki persamaan dalam segi fisik. Istilah ATAPI sering digunakan untuk jenis konector untuk menghubungkan antara CD Rom dan motherboard pada CPU Computer.


Apa yang disebut USB? Dan apa fungsinya?

USB merupakan kepanjangan dari  Universal Serial Bus. Kalau dalam bahasa indonesianya lebih terkenal dengan nama USB Port / Colokan USB (Lubang untuk mntransfer data dari perangkat satu ke perangkat lain)

USB pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 dari perusahaan ternama Intel, Microsoft, Compaq, Dell, IBM dan beberapa perusahaan komputer ternama lainya. USB merupakan peripheral yang tertanam pada Board komputer, laptop, gadget dan perangkat lainya yang memiliki support terhadap sistem yang tertanam pada perangkat tersebut.

USB Port Motherboard Computer
  • USB pertama kali dikenal dengan USB 1. USB 1 bisa kita jumpai pada motherboard lama sebelum pentium yang masih menggunakan System DOS. 

  • USB 2. USB 2 lebih terkenal dengan High fast speed. hal ini karena memili transfer data yang sangat cepat berpuluh kali lipat dibandingkan dengan USB 1. USB 2 merupakan pengembangan dari USB 1 yang dipelopori oleh perusahaan ternama dunia seperti Intel, Dell, IBM, Compaq dan perusahaan ternama lainya. 
USB (Universal Serial Bus)

  • Pada awal 2009 resmi diperkenalkan dengan USB 3.0. diberitakan dari situs media online ternama seperti Cnet.com, Pcworld.com, bahwa USB 3.0 mampu mentransfren data 10 kali lipat dari USB 2.0. Pada USB 3.0 bisa kita jumpai pada jenis motherboard keluaran 2010, laptop dan gadget keluaran 2010 keatas. 
Secara garis besar, USB merupakan perangkat  elektronik yang berfungsi sebagai data transfer. File yang ditransfer lewat USB bisa berupa data lagu, video, data office, dan lain-lain.

Ada beberapa perangkat USB yang  bisa dihubungkan pada komputer maupun laptop anda, seperti

  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Card Reader
  4. Camera
  5. Joystick
  6. Microfone
  7. Scanner
  8. Printer
  9. Earphone

Jenis Jenis Hardisk Drive Desktop Computer dan Laptop

Telah kita ketahui bersama bahwa hardisk merupakan Perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan data. Hardisk merupakan salah satu perangkat penting yang ada pada komputer maupun laptop. Tanpa hardisk drive, kita tidak bisa mengoperasikan komputer maupun laptop untuk melakukan pekerjaan.

Hardisk memiliki jenis yang berbeda, hal ini dipengaruhi oleh perkembangan dunia komputer. Berikut merupakan jenis-jenis hardisk yang umum kita jumpai pada PC Desktop maupun laptop.

Jenis Hardisk pada komputer Komputer (Desktop COmputer)
1. HDD IDE (merupakan kepanjangan dari Integrated Drive Electronics)
Hardisk IDE pada komputer memiliki ukuran 3,5' pada umumnya. memiliki kapasitas / ukuran berfariasi. dari 1,5GB, 3,2GB, 6GB. 10GB. 20GB, 80GB dst. Jenis hardisk IDE sering kita jumpai pada komputer Pentium 1,2 ,3 dan pada p4 masih banyak yang memakai jenis hardisk IDE. Hal ini biasanya menyesuaikan perangkat Hardware lainya.
Hardisk Drive IDE


2. HDD SATA (SATA kepanjangan dari Serial ATA)
Hardisk SATA pertama kali dirilis pada tahun 2001 bulan agustus yang dipelopori oleh Produsen komputer ternama yaitu IBM.

Hardisk Drive SATA

SATA Motherboard Conections
  Sata hardisk saat ini paling sering digunakan. Hal ini menyesuaikan dengan motherboard yang diproduksi pada saat ini. Penggunaan hardisk Sata lebih praktis dan efisien. disamping itu juga memiliki daya baca yang cepat dibandingkan dengan jenis hardisk IDE (Integrated Drive Electronics)

Jenis Hardisk pada Laptop/Netbook
1. HDD IDE (Integrated Drive Electronics)
Hardisk pada laptop pada umumnya memiliki ukuran 2,5' lebih kecil dari hardisk komputer. Hardisk ini sering juga digunakan sebagai External HDD atau disebut juga ESATA Hardisk External. Fungsi dan guna sama persis dengan hardisk yang digunakan untuk hardisk Komputer. Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil dari hardisk komputer, namun hardisk ini lebih praktis karena memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan.

HDD IDE Laptop
2. HDD SATA (Serial ATA)
HDD SATA pada laptop memiliki ukuran yang sama seperti HDD IDE, yaitu 2,5'. Jenis hardisk sata 2,5' merupakan hardisk yang paling banyak digunakan pada laptop saat ini.

HDD SATA 2,5'  for Laptop


Beberapa Merk Produsen Hardisk Drive ternama
1. Seagate
2. WD (Western Digitals)
3. Hitachi
4. Futjitsu
5. Toshiba
6. Sony

February 17, 2013

Komputer Berjalan Lambat, Bagaimana Mengatasinya?

Hal Umum Penyebab terjadinya Komputer lambat

1. Pemakaian hardware yang sudah tua
2. Tidak cukup space untuk menyimpan data pada hardisk drive
3. Terkena Virus
4. Sistem Operasi yang digunakan
5. Overhead pada komputer (Terlalu panas)
6. Sistem Operasi Eror
7. Hardware Eror
8. Instalasi aplikasi secara berlebihan

Menagapa komputer anda jadi melambat? kemungkinan besar faktor diatas adalah penyebabnya. Bagaimana mengatasi solusinya agar komputer menjadi lebih cepat dari sebelumnya?

Solusi Sederhana

1. Restart Computer
Dalam pemakaian komputer yang secara terus menerus hingga berhari-hari tidak dimatikan bisa menjadikan sistem operasi dalam melakukan pekerjaan menjadi melambat. Hal ini sering terjadi bagi pengguna Online yang berhari-hari komputer tidak pernah dimatikan. Restart Komputer merupakan cara yang paling mudah, atau shutdown hingga beberapa menit kemudian nyalakan komputer kembali

2  Hapus data yang tidak penting pada hardisk Drive
Data memang penting, tanpa data apalah arti komputer. tapi jika data yang kita simpan secara berlebihan dan didak penting bagi kita, hapus saja. ini akan sedikit mengurangi beban pada komputer

3. Jalankan Defrag melalui sistem Windows
Anda bisa melakukan Defrag dengan menjalankan Star- asesories- System Tool - Defrag (untuk windows 7).

Komputer sama halnya otak pada manusia yang setiap saat sarafnya bisa eror. Jika hal ini tidak pernah diperiksa dan dipaksa terus menerus untuk bekerja, kemungkinan besar akan berakibat fatal. Jika hal itu adalah manusia makan RSJ lah tempat untuk mengobati.

4. Scan Virus dengan menggunakan Antivirus yang handal
Apa saja Antivirus yang handal..? tentu saja antivirus yang telah direkomendasikan oleh berbagai pakar komputer. seperti Kaspersky, Avira (jangan lupa yang berlisensi).  Sesekali scan komputer anda dengan antivirus untuk menghilangkan sedikit gangguan yang disebabkan oleh virus agar tidak bisa menyebar secara luas.

5. Update Sistem Operasi
Ini merupakan cara yang paling umum dilakukan untuk mengembalikan komputer seperti semula. Ibarat Motor diservis dan ganti oli sehingga motor bisa berjalan nyaman. Hal ini juga berlaku pada komputer dengan perangkat sistem oerasinya.

6. Upgrade Memory
Murah dan mudah. Ini merupakan jargon para teknisi menanggulangi user yang sedikit rewel dengan komputer yang dipakainya. Anda hanya menyiapkan memori dan memasangnya pada slot yang tersedia, kemudian test dan jalankan aplikasi. Ini sangat berpengaruh pada saat booting windows, run aplikasi, transfer data dll.

7. Jika Anda pengguna Old komputer (komputer tua) jangan instal aplikasi yang komputer tidak mampu menjalankan aplikasi tersebut. hal ini hanya akan membebani komputer anda dalam berbagai hal. bisa-bisa komputer tua anda hang dan tidak bisa booting sama sekali.  Solusi untuk Old komputer ganti total semua perangkat (hal ini tergantung pada kemampuan budget anda)



February 15, 2013

Reset Printer Canon IP1980 (Ink Absorbed is Almost Full)

Ink absorbed is Almost full
Ink Absorbed Full merupakan eror alamiah yang terjadi karena pada memory (eeprom) pada canon ip telah mencapai batas maksimal jumlah  (maximum print quote), sehingga pada memory eeprom tidak mampu lagi melakukan perintah. Hal ini bisa terjadi pada printer Type Canon seri ip 1800, 1900,  MP 240

Ciri-ciri Ink Absorbed Full
1. Pada saat print keluar seperti pada gambar diatas
2. Print tidak mau menjalankan perintah
3. Blink pada tombol lampu Riset

Cara Riset Printer Canon (Ink Absorbed Full)
1. Matikan Printer, lalu lepaskan kabel power
2. Tekan dan tahan tombol ON, kemudian pasang  kabel power
3. Masih tetap menekan tombol ON, tekan 2x tombol RESUME
4. Kemudian Lepaskan kedua tombol secara bersamaan.
5. Dalam tahapan ini siapkan riseter printer ip 1980, atau jika anda belum punya bisa download Riseter ip seri 1980. kemudian jalankan riseter dengan  dengan menjalankan general toll
6. Tunggu hingga riseter bekerja, dan akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Riseter printer ip 1980
Riseter printer ip 1980
7. Printer akan respon dan terdeteksi, kemudian EEPROM CLER, lalu Test Pattern 1. Siapkan kertas, Jika sukses akan keluar kertas secara otomatis.
8. Langkah terakhir jika sudah test print, klik Main dan Platen kemudian klik Quit untuk keluar.

Untuk cek berhasik dan tidaknya, matkan printer dan komputer, lalu nyalakan lagi. Coba untuk test print sekali lagi,  jika tidak keluar tanda gambar diatas ( Absorbed is almost full) maka anda sudah berhasil meriset printer ip 1980.

sebetulnya ada cara lain yaitu dengan menggunakan Software Riset, namun hal ini aak sedikit membingungkan. Dan cara diatas merupakan cara yang paling mudah untuk meriset printer canon type ip 1900, 1800 dan mp 240.

February 12, 2013

Menampilkan Screen Keyboard Pada Windows XP

Bagi yang menggunakan Leptop maupun netbook dan kebetulan ada beberapa tombol yang eror, jangan dulu diganti. Karena ada solusi, meskipun tidak seefektif keyboard namun ini cukup membantu tanpa harus mengeluarkan biaya untuk mengganti keyboard yang eror.
Berikut cara termudah menampilkan Screen Keyboard Windows XP

1. Klik kanan pada layar desktop (daerah kosong).
2. Klik "New"
3. Pilih Shortcut
4. Pada kotak kosong "Command Line" ketik " osk " (tanpa tanda kutip)
5. Klik Nekt - beri nama (apa saja)
6. Klik Next
7. Terahir klik Finish.

Untuk test, klik 2 kali pada layar yang telah diberi nama OSK, jika berhasil akan muncul seperti gambar dibawah ini. Mudah kan..?

osk screen keyboard