Memilih Memory Untuk Upgrade Komputer

Memory Computer

Memory merupakan salah satu perangkat komputer / hardware terpenting pada Desktop Komputer. Gambaran secara umum memory berfungsi sebagai akses dan mampu menyimpan data sementara. Memory pada komputer dimilai dari SDR (Singgle Data) dan DDR (Double Data)

Kita sering memiliki permasalahan mengenai penurunan kerja komputer, hal ini bisa dilakukan dengan meng upgrade sebagaian hardware. Rata-rata baik motherboard untuk pentium D dan Celerom M sudah support menggunakan DDR 2 dengan double slot memory. Ini memungkinkan kita untuk meng upgrade sebagain memory yang terpasang pada papan motherboard.

Pada saat kita mau mengupgrade memory, kita harus memperhatikan jenis motherboard  yang kita pakai. Hal ini karena tidak semua memory support pada motherboard yang kita pakai. Pada papan motherboard biasanya ada tanda bertuliskan support Memory,ini menunjukan support memory yang akan dipasang.

Selain Support memory, Hal lain yang tidak kalah penting adalah merk/logo yang memberikan jaminan garansi lifetime (garansi seumur hidup). Kebanyakan memory yang telah direkomendasikan oleh pengguna berpengalaman seperti Visipro, Kingstone, Venom, Corsair, A-data. Garansi yang diberikan oleh masing2 merk ini telah terekomendasi dari berbagai pengguna.

JIka mengalami kerusakan pada memory yang bukan merupakan kerusakan Human Error, makan akan diberikan garansi dengan mereplace memori yang rusak dengan yang baru (ditukar dengan memory baru). Replace Memory bersifat selamanya selagi pemegang merk/ logo masih mengeluarkan memory yang kita replace.

Disamping Lifetime Warranty (garansi seumur hidup), hal lain yang perlu diperhatikan  adalah spesifikasi memori yang akakn kita beli. Jika sebelumnya kita menggunakan memory jenis DDR 2 1GB PC 6400, maka  sebaiknya kita membeli memori dengan spesifikasi yang sama meskipun berbeda merk. hal ini dimaksudkan agar system membaca memory lebih cepat dan eksekusi data juga lebih cepat.

Kita bisa mengambil contoh, Jika kita mau mengupgrade memory dengan spesifikasi 1GB DDR 2 PC 5300, dengan meng upgrade memory menjadi 2GB dengan menambahkan memory 1GB DDR 2 PC 6400. Meskipun pada system memory terbaca 2GB, namun system akan membaca PC yang lebih rendah yaitu PC 5300.
Memilih Memory Untuk Upgrade Komputer Memilih Memory  Untuk Upgrade Komputer Reviewed by liee on Sunday, November 11, 2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.