Resistensi Jenis Processor LGA dan PGA

Ada dua jenis processor yang dikembangkan oleh intel, yaitu Processor LGA (land Grid Array) dan PGA.  Processor jenis LGA pada saat ini masih dikebangkan terutama processor pada Desktop, hal ini karena processor tersebut memiliki ketahanan/resistensi  yang baik dibandingkan dengan processor jenis PGA (Pin Grid Array).

Mengapa Processor LGA lebih tahan dari pada PGA?
Lihat gambar dibawah ini..

Processor Jenis LGA  (land Grid Array)
motherboard LGA
Jenis Processor LGA dinilai dari berbagai pakar komputer memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu panas yang tinggi. Hal ini dikarenakan landasan pada Jenis LGA memiliki design yang rata. Sirkulasi udara pada celah processor yang menghubungkan Pin dari motherboard ke processor dinilai lebih sempurna. Hal ini memungkinkan processor lebih tetap dingin, dan tentu saja berdampak pada kecepatan yang lebih maksimal.


Processor Jenis PGA  (Pin Grid Array).
PGA Motherboard
Processor PGA dengan platform Desktop saat ini sidah tidak dikembangkan karena kurang efisien, boros listrik, cepat panas, dan sangat rentan karena kaki pada processor ini berupa pin kecil yang menancap pada motherboard. KEmungkinan terjadinya patah dan  bengkok sering terjadi pada processor jenis ini.

Saat ini jenis processor PGA dengan platform Laptop masih dikembangkan, hal ini dinilai lebih tepat karena pada processor laptop jarang sekali dibongkar maupun diganti. Hal ini sangat berbeda dengan jenis processor dengan platform desktop.

Resistensi Jenis Processor LGA dan PGA Resistensi Jenis Processor LGA dan PGA Reviewed by liee on Wednesday, April 24, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.