Jenis Jenis Hardisk Drive Desktop Computer dan Laptop

Telah kita ketahui bersama bahwa hardisk merupakan Perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan data. Hardisk merupakan salah satu perangkat penting yang ada pada komputer maupun laptop. Tanpa hardisk drive, kita tidak bisa mengoperasikan komputer maupun laptop untuk melakukan pekerjaan.

Hardisk memiliki jenis yang berbeda, hal ini dipengaruhi oleh perkembangan dunia komputer. Berikut merupakan jenis-jenis hardisk yang umum kita jumpai pada PC Desktop maupun laptop.

Jenis Hardisk pada komputer Komputer (Desktop COmputer)
1. HDD IDE (merupakan kepanjangan dari Integrated Drive Electronics)
Hardisk IDE pada komputer memiliki ukuran 3,5' pada umumnya. memiliki kapasitas / ukuran berfariasi. dari 1,5GB, 3,2GB, 6GB. 10GB. 20GB, 80GB dst. Jenis hardisk IDE sering kita jumpai pada komputer Pentium 1,2 ,3 dan pada p4 masih banyak yang memakai jenis hardisk IDE. Hal ini biasanya menyesuaikan perangkat Hardware lainya.
Hardisk Drive IDE


2. HDD SATA (SATA kepanjangan dari Serial ATA)
Hardisk SATA pertama kali dirilis pada tahun 2001 bulan agustus yang dipelopori oleh Produsen komputer ternama yaitu IBM.

Hardisk Drive SATA

SATA Motherboard Conections
  Sata hardisk saat ini paling sering digunakan. Hal ini menyesuaikan dengan motherboard yang diproduksi pada saat ini. Penggunaan hardisk Sata lebih praktis dan efisien. disamping itu juga memiliki daya baca yang cepat dibandingkan dengan jenis hardisk IDE (Integrated Drive Electronics)

Jenis Hardisk pada Laptop/Netbook
1. HDD IDE (Integrated Drive Electronics)
Hardisk pada laptop pada umumnya memiliki ukuran 2,5' lebih kecil dari hardisk komputer. Hardisk ini sering juga digunakan sebagai External HDD atau disebut juga ESATA Hardisk External. Fungsi dan guna sama persis dengan hardisk yang digunakan untuk hardisk Komputer. Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil dari hardisk komputer, namun hardisk ini lebih praktis karena memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan.

HDD IDE Laptop
2. HDD SATA (Serial ATA)
HDD SATA pada laptop memiliki ukuran yang sama seperti HDD IDE, yaitu 2,5'. Jenis hardisk sata 2,5' merupakan hardisk yang paling banyak digunakan pada laptop saat ini.

HDD SATA 2,5'  for Laptop


Beberapa Merk Produsen Hardisk Drive ternama
1. Seagate
2. WD (Western Digitals)
3. Hitachi
4. Futjitsu
5. Toshiba
6. Sony

Jenis Jenis Hardisk Drive Desktop Computer dan Laptop Jenis Jenis Hardisk Drive  Desktop Computer dan Laptop Reviewed by liee on Monday, February 25, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.