Komputer Berjalan Lambat, Bagaimana Mengatasinya?

Hal Umum Penyebab terjadinya Komputer lambat

1. Pemakaian hardware yang sudah tua
2. Tidak cukup space untuk menyimpan data pada hardisk drive
3. Terkena Virus
4. Sistem Operasi yang digunakan
5. Overhead pada komputer (Terlalu panas)
6. Sistem Operasi Eror
7. Hardware Eror
8. Instalasi aplikasi secara berlebihan

Menagapa komputer anda jadi melambat? kemungkinan besar faktor diatas adalah penyebabnya. Bagaimana mengatasi solusinya agar komputer menjadi lebih cepat dari sebelumnya?

Solusi Sederhana

1. Restart Computer
Dalam pemakaian komputer yang secara terus menerus hingga berhari-hari tidak dimatikan bisa menjadikan sistem operasi dalam melakukan pekerjaan menjadi melambat. Hal ini sering terjadi bagi pengguna Online yang berhari-hari komputer tidak pernah dimatikan. Restart Komputer merupakan cara yang paling mudah, atau shutdown hingga beberapa menit kemudian nyalakan komputer kembali

2  Hapus data yang tidak penting pada hardisk Drive
Data memang penting, tanpa data apalah arti komputer. tapi jika data yang kita simpan secara berlebihan dan didak penting bagi kita, hapus saja. ini akan sedikit mengurangi beban pada komputer

3. Jalankan Defrag melalui sistem Windows
Anda bisa melakukan Defrag dengan menjalankan Star- asesories- System Tool - Defrag (untuk windows 7).

Komputer sama halnya otak pada manusia yang setiap saat sarafnya bisa eror. Jika hal ini tidak pernah diperiksa dan dipaksa terus menerus untuk bekerja, kemungkinan besar akan berakibat fatal. Jika hal itu adalah manusia makan RSJ lah tempat untuk mengobati.

4. Scan Virus dengan menggunakan Antivirus yang handal
Apa saja Antivirus yang handal..? tentu saja antivirus yang telah direkomendasikan oleh berbagai pakar komputer. seperti Kaspersky, Avira (jangan lupa yang berlisensi).  Sesekali scan komputer anda dengan antivirus untuk menghilangkan sedikit gangguan yang disebabkan oleh virus agar tidak bisa menyebar secara luas.

5. Update Sistem Operasi
Ini merupakan cara yang paling umum dilakukan untuk mengembalikan komputer seperti semula. Ibarat Motor diservis dan ganti oli sehingga motor bisa berjalan nyaman. Hal ini juga berlaku pada komputer dengan perangkat sistem oerasinya.

6. Upgrade Memory
Murah dan mudah. Ini merupakan jargon para teknisi menanggulangi user yang sedikit rewel dengan komputer yang dipakainya. Anda hanya menyiapkan memori dan memasangnya pada slot yang tersedia, kemudian test dan jalankan aplikasi. Ini sangat berpengaruh pada saat booting windows, run aplikasi, transfer data dll.

7. Jika Anda pengguna Old komputer (komputer tua) jangan instal aplikasi yang komputer tidak mampu menjalankan aplikasi tersebut. hal ini hanya akan membebani komputer anda dalam berbagai hal. bisa-bisa komputer tua anda hang dan tidak bisa booting sama sekali.  Solusi untuk Old komputer ganti total semua perangkat (hal ini tergantung pada kemampuan budget anda)



Komputer Berjalan Lambat, Bagaimana Mengatasinya? Komputer Berjalan Lambat, Bagaimana Mengatasinya? Reviewed by liee on Sunday, February 17, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.