Perlukah Membeli Processor Baru untuk Upgrade Komputer?

Processor merupakan benda mati yang memiliki kecerdasan paling pintar diantara komponen-komponen lainya pada CPU komputer.  Processor terdiri dari jutaan bahkan sampai milyaran transistor yang memiliki fungsi yang terorganisir.  Processor memiliki ketahanan terhadap suhu panas yang berlebih sehingga jarang kita jumpai terjadinya eror/ mati processor.

Pengapa Processor memiliki resistensi yang tinggi terhadap suhu panas yang tinggi?  Processor merupakan kumpulan transistor yang terbuat dari bahan yang sama, hal ini yang menjadikan processor jarang mengalami eror atau mati meskipun terkadang mengalami lonjakan suhu yang panas di atas rata-rata.  Jika suhu processor panas diatas rata-rata, maka yang terjadi biasanya kompuer akan restart dengan sendirinya. Ini merupakan kerja dari BIOS yang diinformasikan oleh processor melalui firmware.

Perlukah kita membeli processor untuk upgrade?
Dari berbagai kasus baik processor baru maupun second pada saat melakukan pekerjaan tidak ada bedanya sama sekali. Hal ini telah kami uji menggunakan Motherboard Gigabyte G41 New dengan menggunakan Processor Intel Core 2 duo 7500 2,9GHz. Kedua processor menggunakan Second dan Baru. Alih-alih setelah diuji, kedua dari processor second dan baru dengan platform intel Core 2 Duo E7500 tidak ada perbedaan performa sama sekali.

Hal ini bisa disimpulkan, Jika kita ingin Upgrade Processor semisal dari Dualcore menjadi Core 2 Duo, dengan memilih Processor Second tentu menjadi pilihan alternatif yang paling pass, tentunya pass di harga yang tentu jauh lebih murah dari harga aslinya yang baru.  Namun hal ini semua tergantung dari  pengguna, karena baerhubungan dengan kemampuan yang berbeda.

Lain halnya dengan Perangkat hardware lainnya seperti Motherboard,  Jika Motherboard telah terpakai kurang lebih 2 tahun, jika kita test uji dengan motherboard baru dengan seri yang sama akan berbeda hasilnya. Ini sangat terlihat pada performa yang dihasilkan. Mengapa bisa demikian? Perangkat motherboard merupakan kombinasi dari berbagai komponen elektronik yang memiliki fungsi dan guna yang berbeda-beda namun di bundling menjadi satu block yaitu "motherboard".  Ini akan sangat berpengaruh jika dibandingkan dengan Prosecessor yang block pada processor sangat paten.
Perlukah Membeli Processor Baru untuk Upgrade Komputer? Perlukah Membeli Processor Baru untuk Upgrade Komputer? Reviewed by liee on Sunday, December 30, 2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.