Membangun Komputer Akuarium "Liquid Computer"

Liquid PC System, pict pugetsystems.com

Computer Aquarium, pict by hardware-id.blogspot.com

Komputer  Aquarium lebih populer dengan nama PC Liquid. Mengapa disebut PC Liquid/ Komputer Akuarium? karena semua perangkat hardware komputer dimasukan dalam akuarium yang berisi cairan namun komputer bisa menyala dan berfungsi seperti komputer pada umumnya. Ada beberapa hardware yang tidak dimasukan dan direndam dalam akuarium yaitu Hardisk drive dan Optical Drive

Ada berbagai macam bentuk komputer akuarium pada saat ini, hal ini bisa dilihat dari bentuk dan design dari pembuatnya. Untuk membangun komputer akuarium bisa dibilang vukup mahal, yaitu 2 kali lipat biaya ketika kita merakit komputer biasa.

Untuk membangun komputer akuarium diperlukan bahan-bahan sebagai berikut

  1. Hardware computer + Monitor
  2. Akuarium Ikan
  3. Cairan (Liquid) Liquid yang sifatnya non konduktor seperti baby Oli, Oli mesin dll
  4. Alat pendukung seperti Lem alteco, cater, pengait, baut, lem bakar,
  5. Lampu Air untuk akuarium
  6. Kabel-kabel
pada proses perakitan penempatan hardware tergantung dengan keinginan pengguna. Untuk akuarium bisa beli yang sudah jadi biar lebih cepat, jika ingin membuat akuarium dikira-kira ukuranya. 

Proses instalasi komputer akuarium tidak terlalu rumit, jika sebelumnya anda sudah bisa merakit CPU Komputer biasa, dipastikan untuk merakit/instalasi komputer akuarium juga bisa. namun hal ini dibutuhkan ketelitian sehinggan pada saat merendam hardware pada akuarium yang berisi cairan langsung jadi. 

Hal-hak yang perlu diperhatikan dalam merakit komputer akuarium
  1. Cairan (gunakan cairan yang memiliki kualitas yang bagus)
  2. Besar kecilnya Akuarium ( jika terlalu besar cairan yang dibutuhkan juga banyak. disarankan yang sedang-sedang saja sesuai dengan ukuran besar motherboard) 
  3. Hardware yang digunakan (Jika baru pertama kali, pakailah hardware yang sudah tua. hal ini jika terjadi kegagalan tidak begitu membebani di ongkos. 
  4. kekencangan proses instalasi pada masing-masing konector
Pada intinya, komputer akuarium sama seperti komputer Desktop biasa. yang membedakan hanya dari kemasan. Pada komputer akuarium perangkat hardware dimasukan dalam cairan, dan nampak seperti terendam dalam air. Hal ini nampak terlihat lebih unik dan kreatif pada komputer aquarium.
Membangun Komputer Akuarium "Liquid Computer" Membangun Komputer Akuarium "Liquid Computer" Reviewed by liee on Monday, January 07, 2013 Rating: 5

1 comment:

  1. Menarik sekali om artikelnya.. keep posting

    ReplyDelete

Powered by Blogger.