Memeperbaiki RAM/Memory Eror

Memori / RAM merupakan komponen komputer yang gampang eror (gampang tidak terdeteksi oleh motherboard). Eror memory biasanya ditandai dengan bunyi beep kede atau digital kode eror. Pernahkan anda mengalami hal demikian? saya kira pernah. Eror yang ditandai dengan bunyi BEEP seperti ini  bisa terjadi pada laptop (bukan hanya komputer saja).

Apakah Memory / RAM bisa diperbaiki? ini merupakan pertanyaan yang sering saya jumpai. namun saya tidak bisa menjawab kalau memory bisa diperbaiki. Untuk memperbaiki memory yang eror tentu saja bisa, namun ongkos yang dikeluarkan mungkin tidak sebanding dengan biaya servisnya. Solusi yang paling tepat ganti dengan memory yang masih normal. Dan atau  jika terjadi indikasi eror memory diiringi dengan bunyi BEEP alangkah baiknya cek terlebih dahulu memory. Lalu bagaimana cara mengeceknya?
  1.  Lepas memori pada slot motherboard
  2. bersihkan konektor / kaki memory yang menghubungkan antara memory dengan slot pada motherboard dengan menggunakan penghapus atau cairan khusus pembersih noda yang mudah menguap.
  3. Pada slot memory pada motherboard bersihkan dengan menggunakan kuas secara berlaan lahan hingga bersih. kemungkinan terjadi pengendapan debu karena terlalu lama komputer tidak dibersihkan.
  4. pasang kembali memory yang telah dibersihkan, kemudian nyalakan komputer. 
  5. Jika langkah tersebut tidak berhasil, coba ganti memory dengan type yang sama. Jika menyala berarti memory memang harus diganti
Memory merupakan komponent penting pada komputer, tanpa memory tentu daja komputer tidak bisa menjalankan sebuah program. 

Memeperbaiki RAM/Memory Eror Memeperbaiki RAM/Memory Eror Reviewed by liee on Sunday, March 10, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.