Seting Jumper Hardisk IDE berdasarkan Merk Hardisk

Jika kamu memiliki hardisk drive IDE dan kebetulan tidak terpakai jangan dibuang atau dirongsokan dulu karena masih bisa dimanfaatkan.  Lalu bagaimana cara memasang jumper pada hardisj sesuai dengan merk hardisk? ini yang akan dibahas karena setiap merk hardisk memiliki seting jamper yang berbeda-beda.

Seting Jumper Hardisk IDE berdasarkan merk Hardisk

Hardisk IDE  Samsung

Pin Jumper Hardisk
Stiker label HDD IDE Samsung
Gambar diatas merupakan label stiker pada hardisk IDE samsung. Semua hardisk IDE samsung memiliki jumlah PIN dan seting jumper yang sama.  penjelasanya gambar diatas sebagai berikut
1. (Master Drive) digunakan sebagai singgle drive dari hardisk ke motherboard
2. (Slave) digunakan jika kita mempararel 2 drive dengan menggunakan 1 kabel. Drive mana yang akan digunakan sebagai Master Drive atau Slave.

Hardisk IDE Maxtor

Stiker label hdd IDE maxtor
Sama halnya pada keterangan diatas, jumper bisa kita pindah sesuai dengan yang kita harapkan. Apakah kita ingin menjadikan hardisk sebagai master atau slave, semua tergantung dari seting jumper


Hardisk IDE Seagate 

Stiker label HDD IDE seagate
Lain hardisk juga lain seting jumper. Pada hardisk IDE seagate nampak seperti pada gambar diatas. keterangan pada gambar diatas sama pada keterangan gambar sebelumnya.

Apakah kita bisa menggabungkan 2 jenis hardisk dari merk yang berbeda? Bisa, namun kita terlebih dahulu memahami seting jumper dari masing-masing hardisk. Jika terjadi kesalahan seting, salah satu hardisk tidak bisa terbaca atau bungkin tidak terbaca sama sekali oleh BIOS sehinggi komputer tidak bisa booting OS atau windows.

Kesalahan seting jumper tidak menyebabkan kerusakan atau eror pada hardisk drive, jadi jangan kawatir untuk mencoba untuk mempararel hardisk drive dengan mengotak-atik seting jumper.


Seting Jumper Hardisk IDE berdasarkan Merk Hardisk Seting Jumper Hardisk IDE berdasarkan Merk Hardisk Reviewed by liee on Sunday, March 10, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.