Penyebab Umum Bad Sector Hard Disk

Bad Sector merupakan drive Eror atau cacat pada Drive, istilah Bad Sector terjadi pada Hardisk komputer dan laptop.  Hrdisk dalam keadaan tidak normal sehingga tidak bisa membuka file atau booting sistem operasi yang tersimpan pada Hard Disk. Lain kata, hardisk sudah tidak ampu bekerja secara normal.

Pada gambar diatas bisa kita lihat dengan detail dimana lokasi terjadinya bad sector. Lokasi pada piringan disk yang disebut Track. Disinilah data tersimpan, Indikasi yang ditimbulkan biasanya melemahnya kinerja hardisk sehingga susah untuk membuka file. Indikasi lain biasanya hardisk mengeluarkan suara bunyi seakan-akan dalam hardisk ada sesuatu yang mengganjal.

Penyebab terjadinya Bad Sector secara Umum


  • Hardisk terlalu banyak file / Over quote files
  • Terlalu sering format hardisk
  • Terkena goncangan fisik dari luar
  • listrik yang tidak stabil, sering down ataupun terjadinya lonjakan melebihi volt
  • Mematikan komputer secara paksa, biasanya cabut kabel power langsung dari tegangan listrik
  •  Listrik mati 
Guna mengantisipasi terjadinya back sector hardisk, alangkah baiknya gunakan komputer maupun laptop sesuai dengan aturan. Hardisk yang terkena back sector masih bisa digunakan untuk menyimpan data, namun akan bermasalah jika file system yang kita simpan ada di disk yang sudah terkena back sector. simpan file yang tidak begitu penting pada disk yang terkena back sector, ini akan lebih aman jika suatu saat hardisk mati / tidak bisa dibuka oleh sistem. 

Baca Juga :  Pararel Hardisk Drive,   Data Save


Penyebab Umum Bad Sector Hard Disk Penyebab Umum Bad Sector Hard Disk Reviewed by liee on Sunday, March 10, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.