Aplikasi yang wajib dimiliki komputer berbasis windows

aplikasi berbasis windows

Gimana ceritanya jika memiliki komputer tapi tidak ada aplikasinya? Kita mau Nulis dokumen tidak ada MS Word, Mau nonton film dengan format 3JP tidak ada codex maupun Gom Player. Aplikasi merupakan software pendukung kerja dimana hal ini mempermudah pekerjaan.

Pada dasarnya aplikasi tidak diperlukan pada sebuah komputer, karena sudah ada sebagian bawaan dari System Operasi. Namun semakin majunya teknologi, Banyak file-file digital yang windows secara default tidak mampu membaca file tersebut. Hal inilah mengapa Aplikasi pendukung sangat penting pada komputer dan laptop.

Berikut beberapa aplikasi yang wajib diinstal pada komputer maupun laptop berbasis Windos OS.

1. MS Office / Open Office
MS Office
Microsoft Office, Logo Image

Secara umum berfungsi untuk membuat dokumen dalam format MS, Di setiap komputer berbasis Windows 
pasti ada. MS office merupakan Perangkat lunak yang bekerja mengolah data digital dalam bentuk tulisan, Image, mail data, instan edit photo dan lain-lain.

2. Adobe Reader
aplikasi adobe reader
Aplikasi Adobe Reader

Adobe Reader lebih populer dengan nama Acrobat Reader. Adobe Reader atau AR merupakan perangkat lunak atau software yang dikemangkan oleh Edobe system dari keluarga Adobe Acrobat. Pengguna bisa menandai, high light, copy document, print melalui perangkat lunak Acrobar reader.
Kita sering menjumpai File berbentuk PDF atau kepanjangan dari Portable Document Format, File ini hanya bisa dibuka dan dibaca menggunakan Perangkat lunak Adobe Reader.

3. Gom Player 
Gom Player
Aplikasi Gome Player, Logo Image

Secara umum, pemutar video yang mampu membaca hampir seluruh format file video. Hanya saja gom memiliki kelemahan.  GOM Player masih harus didampingi oleh Codec untuk menampilkan audionya.

4 .K-lite Codex
aplikasi K-lite
Aplikasi K-lite Codex, Logo image

K-Lite Mega Codec Pack merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk encoding dan decoding berbagai file multimedia agar dapat dijalankan dengan baik. Aplikasi ini sudah tidak asing lagi bagi semua pengguna Windows ketika akan memutar berbagai file video yang tidak dapat dikenali oleh systemnya.Digunakan untuk encode dan decode video dan audio. Aplikasi ini dirancang secara sederhana, mirip dengan Windows Media Player. Dengan K-lite Mega Codec Pack kita bisa memutar berbagai film yang kita download dari internet.

5. Winamp Player
winamp aplikasi
Aplikasi Winamp, Logo image

Hampir semua Komputer maupun laptop memiliki aplikasi Winamp. Winamp sangan identik dengan aplikasi mp3 player yang menjalankan file audio. Disamping difungsikan sebagai apikasi untuk pemutar audio, winamp juga bisa menjalankan file berupa Video namun hanya file-file tertentu yang bisa terbaca.

Bagi pengguna internet online, mungkin winamp tidak hanya sebagai pemutar mp3 saja. Namun winamp juga bisa berfungsi sebagai Online  Radio, TV Online, Broser Mp3 melalui server Winamp langsung. Dibandingkan Gom Player dan K-Lite Codex, Winam memiliki menu yang sangat komplit.

7. Adobe Flash Player
flash player aplikasi
Aplikasi Flash player, Logo image

Flash Player merupakan aplikasi yang sangat kecil dan ringan, Flash Player bisa kita download secara gratis dan hanya berukuran kira-kira 3Mega saja. Fungsi umum flash player untuk menampilkan file berbentuk swf dan  Flash player pada internet.

8. Google Chroom for Internet Browser

Aplikasi Google Chrom memiliki fungsi yang khusus yaitu hanya bisa dijalankan pada saat terkoneksi dengan internet.  Bisa dipastikan hampir pengguna internet Online pada komputer maupun laptop pasti terinstal. Disamping Memudahkan pencarian, Chroom juga sangat ringan jika dibandingkan dengan Browser-browser lainya


9. Modzilla Firefox for Internet Browser
Sama halnya dengan Google Chroom, Modzilla memiliki fungsi yang sama persis seperti Google Chroom.

 10. Tune Up Utility 
tun up
aplikasi Tune Up Utility, Logo image

Tun Up juga populer dengan nama Optimizer. Aplikasi ini mampu menseting komputer anda jauh lebih ringan. Fungsi lain dari Tun Up juga bisa membeck Up data ketika ada file yang kebetulan terdelete dan sudah tidak ada pada Recycle Ben.

Aplikasi diatas merupakan aplikasi standar dan umumya terinstal pada komputer. 
Jika Anda mengunakan Aplikasi/ Software yang berat-berat seperti corel, adope CS, harus didukung oleh perangkat hardware yang mumpuni.  Hal ini mempengaruhi kerja dari Hardware komputer yang  Anda miliki. Semakin sedikit aplikasi yang terinstal, semakin ringan komputer dalam menjalankan tugasnya. Semakin besar aplikasi yang diinstal, semakin berat juga kinerja hardware pada komputer. Aplikasi atau Software diatas sudah cukup dan tidak begitu membebani komputer dengan spec yang standard.
Aplikasi yang wajib dimiliki komputer berbasis windows Aplikasi yang wajib dimiliki komputer berbasis windows Reviewed by liee on Sunday, October 07, 2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.