Komputer Melambat, Bagaimana Mengatasinya?

Bagaimana jika pada saat kita mengerjakan pekerjaan tiba-tiba komputer kita melambat? Pasti hal ini tidak diinginkan oleh siapapun.  Kerja komputer semakin lambat tentu saja ada faktor penyebabnya. Oleh sebab itu ada baiknya kita mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan komputer kita jadi lambat.

1. System Operasi/ OS
System Operasi merupakan perangkat lunak yang paling reneta terhadak eror. Eror bisa saja terjadi karena mabyak faktor, baik malware, virus, dsb. Melambatnya komputer juga bisa disebabkan karena Lamanya penggunaan Windws baik Windows XP maupun Windows 7.  Hal ini karena windows bekerja secara terus menerus tanpa pernah direfres. 

Cara yang paling mudah hanya dengan instalasi ulang sistem operasi, makan semua aka kembali normal. Namu jangan lupa untuk membeckup data terlebih dahulu.
sistem operasi
Operating System / sistem operasi


2 Malware / Virus
Siapa tidak kenal dengan virus komputer, yang secara turun temurun menjadi masalah yang tidak ada hentinya.  Virus dibuat memang untuk merusak sistem kerja komputer.  Meskipun pada kenyataanya komputer kita terproteksi oleh antivirus, namun tidak menutup kemungkinan virus masih bisa menyebar pada komputer maupun laptop.

malware
Malware (Virus Komputer)


Terjangkitnya virus pada komputer secara otomatis mengganggu sistem kerja komputer terutama pada perangkat lunak / Sistem Operasi. Dampak lain pada virus menyebabkan semakin beratnya pada saat kita menjalankan aplikasi pada komputer yang kita jalankan.

Lngkah yang paling umum dan sederhana untuk mencegah terjadinya firus agar tidak menyebar yaitu dengan menginstal Antivirus. Antivirus bisa didapatkan secara gratis melalui internet, tapi hal ini bayak kekurangan jika dibandingkan dengan Antivirus yang premium.

3. Minimnya Kapasitas Memory
memory komputer
Memory CPU Komputer

Memori /RAM menjadi pokok pada komputer. Minimnya kapasitas memori yang dipakai menyebabkan kerja komputer melambat pada saat mengakses program. Hal ini akan sangat terasa  pada saat menjalankan aplikasi besar seperti Corel, adope CS, dll.

Cara yang paling mudah dan hemat biasa bisa dengan upgrade/ menaikan kapasitas Memory pada komputer.

4. Instalasi Aplikasi secara berlebihan
Sudah menjadi rumus, bahwa semakin banyaknya penumpang pada kendaraan maka semakin lambat juga laju kendaraan tersebut. Sama seperti halnnya pada komputer, Aplikasi secara berlebihan yang terinstal pada komputer sangat berpengaruh pada akses kecepatan komputer pada saat Running.

Hal ini bisa kita hindari dan cegah dengan cara mengginstal aplikasi sesuai dengan kebutuhan kerja kita.  Instalasi software maupun aplikasi yang tidak perlu hanya akan memperlambat komputer dalam mengeksekusi pekerjaan.

aplikasi komputer
Aplikasi 


5. Penggunaan Hardware yang sudah lama
Disamping faktor yang telah disebutkan diatas, Hardware merupakan perangkat keras yang memiliki kelemahan karena lama penggunaan. Melemahnya hardware bisa disebabkan berbagai macam faktor seperti tegangan listrik maupun human error

Old Hardware
Motherboard baru dan lama

Beberapa Hardware yang sangat mendominasi seperti, Motherboard, Hardisk Drive, Memory, Power Suply. Kemungkinan bisa terjadi karena Speck pada komputer tidak bisa menjalankan aplikasi sehingga komputer jadi melambat, atau bisa jadi Blank, tidak bisa berjalan sama sekali

6. File Crash pada System Operasi
 Sering kita tidak memperhatikan kerja dari komputer. System Operasi merupakan Perangkat Lunak yang hanya berisi singgle file yang terinstal pada Hardisk Drive. Apapun jenis filenya, Sistem Operasi hanya mau membaca singgle file, jiga ada yang ganda maka salah satunya akan diremove secara otomatis.

Pada kasus contohnya kita menginstal MS Office 2003/2007 dan 2010. Hal ini secara oromatis akan menyebabkan crash file yang berakibat pda komputer akan melambat. Gunakan salah satu saja mana yang lebih mudah dan biasa digunakan sehari-hari dalam melakukan pekerjaan.

7. Instalasi Software yang tidak tepat
Sering sekali kita menjumpai komputer dengan berbagai aplikasi namun tidak didukung oleh feature lainya. Kita ambil contoh sederhana, Saya memiliki komputer, kemudian saya ingin menginstal software camera. Bagaimana aplikasi itu bisa berjalan sedangkan kameranya saja tidak ada.

Contoh lain dalam kasus serupa, komputer saya hanya memiliki CD Rom, dan itu hanya bisa difungsikan sebagai alat pembaca disk. Kemudian saya menginstal aplikasi Nero Burning Tool pada komputer saya. Apa yang terjadi?.. Saya hanya menginstal aplikasi yang sia-sia karena aplikasi Burning yang saya jalankan tidak disupport dengan CD Rom yang saya miliki. Ini hanya sebuah gambaran agar lebih meminimalis aplikasi yang kita instal, sehingga komputer yang kita jalankan akan berjalan secara normal.







Komputer Melambat, Bagaimana Mengatasinya? Komputer Melambat, Bagaimana Mengatasinya? Reviewed by liee on Tuesday, October 16, 2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.