Kelebihan Moherboard Socket LGA

Motherboard Socet LGA adalah generasi motherboard socet PGA untuk processor intel pentium.  LGA merupakan kepanjangan dari Land Grid Array dimana kaki-kaki terletak pada papan motherboard. Motherboard Socet LGA merupakan kebalikanya dari Motherboard Socet PGA.

Perkembangan Motherboard Socet  LGA dimulai pada awal tahun 2002 dengan menggunakan Chipset 915i yang hanya mampu membaca Processor P4 jenis LGA.  Pada perkembangan Motherboard Socet LGA sampai saat ini masih bertahan hingga sekarang. Dari berbagai perusahaan pengembang Hardware ternama seperti Gigabyte, Intel, ASUS, MSI, ECS, Biostar berlomba-lomba meningkatkan performa terbaik dalam mengembangkan kualitas motherboard yang lebih baik. Hal ini disupport dengan semakin banyaknya permintaan pasar terhadap perkembangan teknologi saat ini.Perkembangan Motherboard LGA mengalami perkembangan sangat pesat dengan dimulainya Motherboard Socet LGA 775.

Motherboard Soccet LGA. image by Gigabyte

Generasi Motherboard Socet LGA dari tingkatan yang paling atas

1. Motherboard Socet 2011
2. Motherboard Socet 1366
3. Motherboard Socet 1155
4. Motherboard Socet 1156
5. Motherboard Socet 775

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki motherboard Socet LGA
1. PIN Socet tertanam Pada Motherboard
Kelebihan motherboard LGA mampu meredam panas yang berlebih pada processor. Hal ini karena pada Socet memiliki celah rongga sebagai sirkulasi keluar masuknya udara yang mampu meredam panas. Panas yang berlebih pada processor karena kurangnya sirkulasi udara bisa menyebabkan eror pada processor maupun motherboard. Kita lebih mengenal Over head processor (panas yang berlebihan pada processor)

2. Dengan rata-rata FBS 1333/1066/800 MHz FSB mempu bekerja Lebih Cepat
Motherboard yang baik akan menghasilkan kinerja lebih cepat pada processor. ini dimiliki pada motherboard LGA yang memiliki FBS 800 keatas. FBS dikategorikan sebagai External Bus yang mampu mendorong dan memaksimalkan kecepatan processor.

3. Sata Hardisk Drive Slot
Berbeda dengan motherboard jenis lama yang kebanyakan menggunakan IDE Hardisk Connection. Penggunaan Slot Sata pada Drive berpengaruh pada transfer kecepatan data. Data yang dieksekusi melalui sistem operasi mampu bekerja secara maksimal dengan support perangkat keras lainya.
Jika dibandingkan dengan Slot IDE, perbedaan akan terlihat jauh pada saat mengkopi file dari hardisk yang menggunakan Slot IDE dan Sata.  Ini karena pada Sata lebih efisiensi pada proses transfer data.  
Kelebihan Moherboard Socket LGA Kelebihan Moherboard Socket LGA Reviewed by liee on Sunday, October 21, 2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.