Processor dengan 55 Milyard Transistor

Pernahkan Anda punya waktu untuk menghitung bilangan dari 1(satu)  sampai 1000 (seribu) secara manual?. Saya anda tidak akan mau karena hanya akan membuang waktu saja.  Taukah Anda processor yang hanya memiliki ukuran 1.378" x 1.378" (3.5 cm x 3.5 cm) memiliki jumlah transistor sebanyak 55 milyard? 55.000.000.000 (lima milyard) atau sama dengan Lima puluh lima ribu juta transistor.

Pada Processor  jenis PGA P4 pin 478 dengan Clock Speed 1,7GHz memiliki jumlah processor 55 Milyard transistor. Its try to open the processor covered by iron.

Screen Shoot Processor  Intel Socket 478 Speed Clock 1,7GHz

Processor Intel P4 1,7GHz
Processor merupakan sekumpulan  IC (Integrated Circuit). Masing- masing  IC pada processor terdiri dari jutaan transistor. Masing-masing dari transistor memiliki fungsi kerja berbeda-beda. Mengapa Processor disebut biang kerok atau otak komputer, karena processor rumit dan cerdas.

Elektronika Dasar pengetahuan Transistor
Pengetahuan dasat transistor
Gambar diatas merupakan skema dasar pengetahuan transistor dan simbol transistor.Kita bisa menjumpai skema seperti ini pada bangku sekolah menengah pertama dengan mata pelajaran elektronika dasar.
E = Emiter ( input data)
B = basic ( Arus)
C = Conector (Output data)

Kita bisa membayangkan jika processor dikembangkan dengan teknologi yang seadanya. Akan butuh tempat yang besar untuk menampung Processor. Main ide Processor berawal dari otak manusia yang kecil namun memiliki kemampuan yang besar, bahkan jauh melebihi pikiranya sendiri.

Jika Anda memiliki sebuah processor yang sudah tidak terpakai, mungkin bisa dijadikan bahan uji. Kebanyakan dari kita mengetahui processor hanya dari sisi luarnya saja. Semisal dengan label Intel Pentium 4 1,7. Intel Pentium 2.0 dan seterusnya. Itu merupakan Label Cover Processor yang menutup inti dari main Processor. Jika kita buka cover besi akan nampak Processor didalamnya.


Image Screen Shoot Processor Intel Pentium 4 1,7GHz


Processor dengan 55 Milyard Transistor Processor dengan 55 Milyard Transistor Reviewed by liee on Tuesday, October 30, 2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.