Faktor Penting Yang Mempengaruhi Kecepatan Komputer

Konsultasi Hardware - Tidak asing lagi bahwa performa komputer dipengaruhi banyak hal. Komputer, yang Sudah dibahas pada postingan sebelumnya adalah suatu UNIT yang terdiri dari bagian-bagian komponen/Harware yang tersusun pada papam motherboard Komputer. Baik tidaknya satu komponen saja sangat mempengaruhi performa ataupun kecepatan pada Komputer.

Banyak yang menggunakan cara alternatif untuk meningkatkan kerja komputer  dengan cara Low Price/ Hemat biaya. Seperti halnya Over Clock dengan cara menaikan nilai-nilai yang ada pada masing-masing hardware melalui Motherboard. Mengganti sebagian Hardware yang menjadi inti kecepatan kerja komputer, dan banyak cara lainya.

Pada dasarnya CPU Komputer, sudah terstruktur melalui Sistem Operasi yang terinstal pada Drive. Semua dari masing-masing hardware memiliki kemampuan dan itu bisa dibaca melalui perangkat lunak, Baik Windows OS, maupun BIOS pada Motherboard.

Kita sering mengasumsikan bahwa komputer kita memiliki kemampuan yang cepat pada saat diinstal tool yang memberikan informasi Speed CPU. Hal ini tidak bisa menjadi dasar, karena tool hanya bersifat menginformasikan tentang keberadaan komputer, baik nilai kecepatan, kapasitas, dan lain-lain.

Ada empat [4]  faktor penting yang mempengaruhi kecepatan komputer, dimana dalam hal ini sudah sangat umum:
1. Processor
Semakin tinggi nilai pprocessor maka hasil eksekusi yang dihasilkan  semakin cepat
Lihat detail fungsi Processor
Processor AMD, Intel


2. Motherboard
Kecepatan Komputer merupakan paduan dari beberapa hardware komputer yang di susun enjadi Unit Komputer. Semakin baik kualitas motherboar, akan semakin baik juga hasil yang didapat.
Lihat detai Fungsi Umum pada Motherboard 
Motherboard for intel Socet

3. Memory
Memory lebih populer dengan nama RAM atau Random Access Memory. Memory berfungsi sebagai penyimpan data yang sifatnya sementara saja. Dari generasi ke generasi memory berkembang dan memiliki type. Type SD RAM merupakan type Memory generasi pertama, Type DDR 1, DDR 2, DDR 3. dari masing masing type memiliki ukuran dalam bentuk MB/Mega Byte. Semakin tinggi nilai Byte semakin cepat juga dalam megakses sebuah data pada komputer.
Lihat detail fungsi memory secara umum 
memory komputer
memory computer


4. Power Supply
Power suplly merupakan penopan yang mensuplus tenaga/arus listrik dari tegangan AC menjadi DC. Power supply yang bagus akan menghasilkan suplay arus yang baik. Pada komputer dengan rangkaian hardware khusus/Spec Game biasanya memerlukan daya yang tinggi. Jika menggunakan Power Supply yang biasa, biasanya komputer tidak stabil. Dan berdampak pada hardware lebih mudah eror karena kurangnya ketersediaan arus yang kurang maksimal
power supply
Power Supply for Desktop Computer
Dari ke empat [4] komponen diatas, merupakan komponen inti yang mempengaruhi kecepatan pada komputer. Jika ingin ingin  maksimalkan computer agar lebih cepat, mungkin sebaiknya memperhatikan faktor ke 4 tadi. Semua saling menopang antara  satu dengan lainya.
Faktor Penting Yang Mempengaruhi Kecepatan Komputer Faktor Penting Yang Mempengaruhi Kecepatan Komputer Reviewed by liee on Tuesday, October 09, 2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.