CPU Komputer dan Pengertianya

Pengertian Komputer  dan Fungsinya

"Komputer merupakan suatu alat elektronik yang secara umum memiliki fungsi sebagai pengolah data secara digital".


Komputer memiliki fungsi yang sangat banyak dan hampir setiap orang memiliki. Perkembangan tekhnologi yang semakin maju menuntut kita untuk lebih menguasai. Disamping fungsi komputer yang secara umum sebagai olah data digital, Komputer juga bisa difungsikan sebagai informasi, transfer data, referensi, melalui jaringan internet.

Unit Komputer terdiri dari berbagai rangkaian yang disebut "Hardware" yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dalam ilmu komputer lebih populer dengan nama PC Desktop [Personal Desktop Komputer] atau Laptop PC [Personal Computer Laptop]. Baik PC Desktop maupun PC Laptop memiliki fungsi yang sama. Yang membedakan keduanya pada PC Laptop bersifat portable atau bisa dibawa kemana saja dan bisa digunakan dimana saja. Hal ini berlainan dengan PC Desktop.

Beberapa Komponen/Hardware yang ada pada komputer

1. Hardisk Drive/ Storage [note]
Hardisk secara umum berfungsi sebagai penyimpan data yang bersifat opsional. Data pada Hardisk bisa dihapus dan baik secara permanent maupun sementara.

2. Motherboard
Motherboard secara umum berfungsi sebagai lalu lalang perangkat hardware lainya yang terpasang melalui Motherboard. Fungsi utama Motherboard sebagai jembatan atau penghantar data dari hardware lainya melalui program yang terinstal.

3. Processor

Secara garis besar Processor merupakan sekumpulan CHIP. Jadi Processor adalah sebuah chip yang terdiri dari beberapa komponen digital dan berfungsi sebagai pengolah data (input, process, output).
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yangdidukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrolkeseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atauotak dari komputer


4. Memory Komputer / RAM
Memory lebih populer dalam ilmu komputer sebagai Penyimpan data sementara. Contoh jika kita membuka internet melalui Browser Modzilla kemudian kita close secara tiba-tiba. Pada saat kita buka browser pada menu history semua link yang dibuka semua terekam melalu system OS, Baik Windows, linux, MAC, ubuntu  dll.

5. CD/DVD Rom
CD atau DVD secara garis besar berfungsi sebagai pembaca data, copy data. DVD pada unit komputer bersifa optional/tidak wajib ada. Hal ini mengingat kebutuhan dari pengguna akan fungsi komputer yang dipakai. Namun pada umumnya Komputer memiliki CD/DVD sebagai alat pelengkap yang bersifat Urgen.

6. Computer Case / Casing
Banyak yang beranggapan ketika melihat casing itu adalah CPU komputer, Entah ada isinya atau tidak. Casing merupakan rangka dimana hardware seperti motherboard, processor, hardisk drive, dvd, memory ditempatkan pada casing. Bisa disebut CPU Computer jika perangkat-perangkat hardware telah terinstalasi.

7. Power Suply
Diantara perangkat-perangkat lain, Power Suply harus ada pada CPU Komputer. Bagaimana mungkin jikan Sebuah CPU Computer tidak ada Power Suply? Ini tidak mungkin.

Power Suply berfungsi sebagai penyuplai arus listrik sesuai dengan kebutuhan masing-masing perangkat hardware. Power Suply memiliki beberapa jumlah pin yang memiliki out put arus yang berbeda-beda.

Pada PS yang standar menggunakan 450Watt dengan 20 pin pada motherboard P4 dengan Chipset 850. Dan 24 Pin pada socet Motherboard LGA dengan chipset 945 ke atar.
Semakin baik kualitas PS yang digunakan maka akan menghasilkan arus yang baik juga untuk mensuplai kebutuhan hardware.


8. Keyboard dan Mouse
Jika kita memiliki CPU Komputer tidak ada mouse keyboard, komputer tetap menyala tapi tidak bisa digunakan. Komputer hanya bekerja sesuai perintah manusia yang dijalankan melalui perangkat mouse dan keyboard melalui system yang terinstal pada komputer.

9. Computer Monitor 
Sebuah unit komputer merupakan kesatuan dari berbagai macam perangkat hardware yang terinstal dan memiliki masing-masing fungsi. Disebut Unit Komputer jika ada CPU Computer dan Monitor.

Garis besar fungsi dari monitor adalah sebagai media Visual. kita bisa mengetahi apa yang kita kerjakan melalui monitor.  Kita bisa mengetahi data apapun jenis datanya juga melalui monitor.

10. Kabel-kabel
Bagaimana mungkin komputer bisa menyala tidak melalui kabel. meskipun ini sederhana, tapi dikatogorikan sebagai perangkat yang vital pada komputer

11. Perangkat Lunak
Perangkat lunak dalam komputer lebih popular dengan nama Operating System [OS]. Sistem Operasi saat ini yang paling populer dan paling banuak digunakan adalah Windows, Linux, Mac dari Apple. Secara fungsi kerja pada perangkat lunak komputer sebagai penguhubung data secara digital melalui perangkat pada masing-masing hardware. Fungsi Perangkat lunak/ OS juga sebagai instalasi aplikasi/ Software. Perangkat lunak pada system kerja komputer secara keseluruhan memiliki fungsi yang sama, Baik itu Windown, Mac maupun Linux.

Ada banyak komputer yang dijual dipasaran secara umum sesuai kebutuhan pengguna. Biasanya hal ini disesuaikan dengan Budget/anggaran pengguna. Disamping Pengertian dan fungsi komputer yang telah dijelaskan diatas.




CPU Komputer dan Pengertianya CPU Komputer dan Pengertianya Reviewed by liee on Sunday, October 07, 2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.